Iklan

Iklan

Tukang Becak Meulaboh: Susah Dapat Sewa Sekarang, Nak!

4/26/20, 13:50 WIB Last Updated 2020-04-26T06:50:06Z
MRI Aceh Barat - ACT Aceh menyalurkan makanan gratis kepada para pekerja harian sebagai bentuk respons menurunnya perekonomian masyarakat imbas covid-19, Meulaboh, Aceh Barat.

WASATHA.COM, MEULABOH - “Susah dapat sewa sekarang, Nak,” ucap salah seorang tukang becak sambil tersenyum saat menerima sebungkus nasi dari anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh Barat – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh di Warkop Bay Kuphi, Meulaboh, Aceh Barat. Ia pun langsung berlalu dengan sebungkus nasi untuk disantap siang itu.

Satu per satu bungkusan nasi dalam plastik dibagikan kepada pekerja harian di kawasan Kota Meulaboh. Kebanyakan mereka kalangan tukang becak. Ada juga tukang parkir dan pedagang keliling.

Bendahara MRI Aceh Barat Maulidar menuturkan tidak ingat persis nama tukang becak yang mengaku kesulitan mendapatkan pelanggan itu. Namun seingatnya, seluruh para penerima manfaat berucap syukur usai menerima paket makanan gratis. 

Katanya, ucapan tukang becak itu merupakan gambaran sebagian kehidupan tukang becak kini. Tidak adanya pelanggan membuat otomatis berdampak pada pendapatan mereka. Sementara itu mereka harus menafkahi keluarganya. Kondisi tersebut pasti menyulitkan kehidupan mereka.

“Bukan lagi waktunya kita mencaci maki, sekarang mari kita saling membantu saudara-saudara kita. Jangan sampai mereka kelaparan tidak ada yang tahu,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kondisi tersebut juga dialami oleh pekerja harian lainnya di Aceh. Hanya saja mungkin mereka segan mengungkapkannya. Oleh karenanya, semua elemen masyarakat perlu meningkatkan perhatiannya terhadap kondisi sekitarnya. 

“Insya Allah hari ini kita juga menyalurkan paket pangan berupa minyak goreng telur dan beras kepada warga kurang mampu hasil dari donasi para dermawan di Aceh Barat,” lanjutnya.

Head of Program ACT Aceh Laila Khalidah mengungkapkan bahwa selama masa tanggap darurat ACT sudah melaksanakan beragam program kemanusiaan guna mengurangi dampak covid-19 mulai dari Aceh Tamiang hingga ke Aceh Singkil. 

Program tersebut seperti operasi makan gratis, operasi pangan gratis, pembagian APD, suplemen dan multivitamin, dan makanan bergizi kepada tim medis, dan menyantuni guru-guru.

“Target penerima manfaat kita seluruhnya berasal dari kalangan kurang mampu, dan pekerja medis yang berjuang mengobati pasien dan mencegah covid-19,” paparnya.

Ia mengharapkan dukungan para dermawan agar aksi-aksi ACT bersama MRI bisa membantu saudara-saudara yang membutuhkan lebih banyak lagi. 

Penyaluran donasi dapat melalui rekening Bank Aceh Syariah 010 0193 000 9205, BNI Syariah 66 00011 008 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Konfirmasi donasi dan informasi selengkapnya dapat menghubungi WhatsApp 082283269008 dan telepon 0651-731535. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tukang Becak Meulaboh: Susah Dapat Sewa Sekarang, Nak!

Terkini

Topik Populer

Iklan