Sebanyak 1.883 Siswa Lulus SNMPTN di Unsyiah

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh - Sebanyak 1.883 siswa yang merupakan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2020 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Rabu (08/04/2020) Banda Aceh.

Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 10.671 peserta SNMPTN yang mendaftar di Unsyiah tahun 2020.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng menjelaskan, pengumuman hasil SNMPTN sudah dapat dilihat melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dan http://snmptn.unsyiah.ac.id/ sejak Rabu, 8 April pukul 13.00 WIB.

Dari jumlah peserta yang lulus tersebut, sebanyak 84,28% merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA di Aceh.

Pada seleksi SNMPTN kali ini, Rektor mengungkapkan Unsyiah berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan. Pasalnya, Program Studi (Prodi) Farmasi Unsyiah berhasil menempati urutan keempat nasional, sebagai Prodi dengan keketatan tertinggi.

Rektor menilai, pemeringkatan ini menunjukkan jika prodi Unsyiah semakin diminati calon mahasiswa di Indonesia.

“Hal ini menunjukkan kualitas program studi Unsyiah semakin baik, sehingga diminati dan diperhitungkan di tingkat nasional. Terlebih lagi, kita berhasil mengungguli beberapa universitas ternama di Indonesia,” sambung Rektor.

Tahun ini sebanyak 12.359 putra-putri Aceh mengikuti proses seleksi melalui jalur SNMPTN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.132 peserta dinyatakan lulus pada Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.

Sementara itu, jumlah siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang lulus SNMPTN di Aceh sebanyak 2.235 orang. Dari jumlah itu, 597 siswa merupakan peserta KIP Kuliah yang diterima di Unsyiah.

Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Rektor mengajak para peserta SNMPTN yang lulus ini untuk menjadi Duta Pencegahan Covid-19. Dengan cara, melakukan sosialisasi materi pencegahan Covid-19 yang tersedia di website LTMPT atau Satgas Covid-19 Unsyiah.

“Karena kita harap setiap peserta yang lulus, bisa turut berkontribusi untuk sama-sama membantu pemerintah dalam mengahadapi pandemi ini,” ucap Rektor yang juga merupakan Wakil Ketua I LTMPT.

Lalu bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN, diharapkan untuk mengikuti  beberapa tahapan penting berupa verifikasi data akademik. Para calon mahasiswa diminta untuk melihatnya pada website www.unsyiah.ac.id dan media sosial Unsyiah.

Rektor juga mengingatkan, bagi peserta yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN, masih dapat mengikuti tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang pendaftarannya pada tanggal 2 – 20 Juni 2020. Informasi lengkapnya dapat dilihat  melalui website  www.ltmpt.ac.id. []


No comments