Ini Dia Lima Rutinitas Menjaga Kesehatan Yang Bisa Kamu Lakukan Saat #dirumahaja

Share:

Sumber : dream.co.id

DI RUMAH AJA merupakan salah salah satu cara untuk menghambat penyebaran COVID-19 atau Virus Corona. COVID-19 adalah wabah penyakit yang sudah hampir mewabah di seluruh dunia. Wabah ini dapat menyerang saluran pernafasan dan bisa menyebakan kematian.

Virus Corona bisa tertular dari orang yang positif Corona melalui batuk atau bersin dan mengeluarkan virus berupa cairan. Cairan virus tersebut dapat langsung tertular pada orang disekitarnya.

Oleh karena itu pemerintah menerapkan #dirumahaja untuk menghambat penyebaran virus Corona karena dapat mengurangi interaksi dengan orang lain. Saat di rumah, kita dapat melakukan kegiatan berikut untuk menjaga kesehatan agar tetap dalam kondisi sehat.

Pertama, makan makanan bergizi dengan teratur dan hindari makan berlebihan. Makan makanan secara berlebihan dapat mengalami resiko obesitas, sulit melakukan kegiatan, gangguan metabolisme dan berbagai macam efek negatif lainnya. Contoh makanan bergizi yaitu  makanan yang mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat yaitu nasi, gandum, roti, mie, sagu, kedelai, jagung dan lainnya.

Contoh makanan yang mengandung protein yaitu telur, daging, ikan dan lainnya.

Contoh makanan yang mengandung lemak yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun dan lainnya.

Contoh makanan yang mengandug vitamin yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kedua, istirahat yang cukup minimal 7-8 jam perhari. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh mejadi lebih sehat, menghilangkan rasa lelah, dan dapat menurangi resiko penyakit.

Ketiga, berjemur di bawah sinar matahari langsung pada jam 10.00-11.00 selama 15-20 menit dapat memberikan manfaat bagi tubuh yaitu menigkatkan kekebalan tubuh, membuat tubuh menjadi lebih relax, dan meneyembuhkan penyakit kulit.

Keempat, Minum air putih minimal 8 gelas perhari dan lebih baik minum air hangat. Air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh, mengandalikan kalori, menutrisi kulit dan memelihara fungi ginjal.

Kelima, olahraga ringan untuk menjaga tubuh supaya tetap fit. Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah adalah lompat tali, senam, sit up, push up dan yoga.

No comments