Siaga Boleh, Terlalu Panik Jangan!

Share:
Nanda Fitriana. (foto: dok. pribadi)

Oleh Nanda Fitriana

WASATHA.COM - Ditengah maraknya wabah virus corona (COVID -19) yang telah merebak ke seluruh dunia maupun Indonesia, pasti akan sangat meresahkan bagi setiap orang, tidak hanya orang dewasa saja bahkan virus ini bisa tertular pada semua usia.

Seperti diketahui, kasus pertama virus corona di Indoneisa yaitu ketika dua pasien dengan status positif corona  yang diumumkan langsung oleh presiden Joko Widodo pada Senin, 2 Maret 2020  lalu, dan semakin bertambah angka positif corana hingga saat ini.

Parahnya lagi, di tengah-tengah kondisi seperti ini ada pihak-pihak yang memanfaatkan keadaan untuk keuntungannya seperti menimbun masker dan menjualnya dengan harga yang tidak sesuai, yang akhirnya membuat orang kesusahan mendapatkan masker.

Kondisi tersebut menimbulkan kekhawatiran, takut, cemas, bahkan panik yang berlebihan ditambah dengan meroketnya harga kebutuhan belanja sehingga memicu terjadinya panic buying  atau berbelanja kebutuhan secara berlebihan. Hal ini tentunya merugikan bagi orang lain yang tidak kebagian.

Banyak informasi mengenai covid-19 ini tersebar secara cepat, bahkan ada juga pihak tertentu yang menyebarkan hoaks hingga membuat panik masyarakat. Padahal mengikuti perkembangan terkait virus corona memang sangat penting untuk berjaga-jaga dan kewaspadaan diri.

Namun ketika seseorang terus mendapatkan informasi tentang virus ini juga dapat membuat seseorang menjadi stress dan dapat menurunkan system kekebalan tubuh, bahkan tidak semua informasi yang kita terima tersebut benar adanya seiring banyaknya informasi terkait COVID -19 ini.

Nah, berikut beberapa tips yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan mental menghadapi isu dari pandemi corona :

1. Cari sumber-sumber terpercaya
Dalam sehari tidak dapat dipungkiri bahwa akan banyak sekali berita terkait virus corona yang beredar di media dan beragam berita yang kita jumpai, sebaiknya cermati dahulu dan pastikan anda selalu memantau perkembangan virus corona dari sumber yang benar-benar terpercaya untuk mengatasi informasi hoaks agar tetap merasa tenang, tidak panik dan cemas.

2. Jaga kesehatan anda dengan baik
Ditengah kondisi seperti ini salah satu hal yang dapat anda lakukan agar lebih tenang adalah menjaga kesehatan anda, seperti: makan makanan yang seimbang, tidur yang cukup, mencuci tangan dengan benar dan bersih sesering mungkin dengan sabun atau hand sanitizier, menggunakan masker jika hendak berpergian, menjaga jarak untuk sementara waktu atau sosial distance seperti anjuran dari pemerintah.

Jangan lupa selalu berdoa karena hanya kepada Allah SWT kita meminta pertolongan, dan tunda dulu perjalanan ke luar negeri, terutama ke Negara-negara yang banyak terdampak virus corona.

3. Istirahat sejenak dari berita
Mengikuti perkembangan informasi mengenai covid-19 ini memang penting. Akan tetapi jika setiap saat kita membaca, menonton berita terkait virus corona ini, hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatan kita, karena menimbulkan efek rasa cemas dan semakin takut. 

Sesekali alihkan untuk melalukan aktifitas yang anda sukai. Misalnya membaca buku, olahraga, bermain atau mengobrol bersama keluarga. Tidak perlu keluar rumah, karena di  rumah pun dapat kita lakukan aktifitas tersebut.

Kita juga perlu merilekskan diri sendiri agar tenang, berilah waktu pada otak anda untuk beristirahat sebentar agar tidak melulu memikirkan apa yang telah anda baca dan lihat. Semakin kita mengikuti maka akan semakin membuat khawatir dan stress.[]

No comments