INH

Iklan

Iklan

Kembalikan Sebagian UKT Mahasiswa, Efektifkah?

Mabrur Muhammad
3/29/20, 10:28 WIB Last Updated 2020-03-29T03:54:29Z


Oleh Hafidz Agusyal, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry

WASATHA.COM - Dampak Wabah Corona yang tengah melanda seluruh dunia termasuk Indonesia dan Aceh, nampaknya berbuntut panjang hingga ke segala aspek. Salah satunya yang dirasakan Mahasiswa Aceh.

Virus Corona, benda kecil berukuran 15 Nano ini mengakibatkan jadwal perkuliahan amburadul. Kuliah online yang tak kunjung usai menjadi faktor utama mahasiswa kelimpungan.

Masalah utamanya, mahasiswa harus bolak balik mengisi kuota internet untuk menyambung dahaga tugas yang silih berganti datang. Belum lagi jaringan yang terkadang tak bersahabat, menambah beban pikiran para pejuang sarjana hingga stress tak karuan.

Lantas, bagaimana dengan SPP yang telah dibayar tiap semester ? Apakah efektif dengan keadaan yang terjadi saat ini, mengingat fasilitas kampus yang mungkin saja mulai usang karena tidak tersentuh hiruk pikuk kegiatan akademik ?

Sebenarnya hal yang wajar jika mahasiswa mengeluhkan keadaan seperti ini. Di satu sisi, pihak akademik juga tidak ingin proses belajar mengajar terhambat, maka dari itu diterapkan kuliah secara daring atau Online.

Akan tetapi di sisi yang lain, Justru hal ini menguras tenaga bahkan biaya yang tidak sedikit bagi para mahasiswa. Tidak usah terlalu jauh, harga kuota paling murah saja sudah Rp15-20 ribu. Belum lagi uang makan atau transportasi, bensin dan sebagainya.

Karena mengingat sebagian mahasiswa didominasi dari perantauan. Tentunya diantara keduanya tidak ada yang perlu disalahkan, namun ada baiknya jika saling memahami keadaan masing-masing di tengah kondisi yang masih belum kondusif ini.

Lantas, efektifkah apabila dikembalikannya sebagian UKT mahasiswa ?

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kembalikan Sebagian UKT Mahasiswa, Efektifkah?

Terkini

Topik Populer

Iklan