Cuci Tangan 20 Detik, Dapat cegah Ranting Penyebaran Corona

Share:
WASATHA.COM|BANDA ACEH Penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia terus meningkat, hingga saat ini jumlah korban yang terinfeksi sudah mencapai 790 orang.  tidak hanya di Indonesia penyebaran corona di seluruh dunia juga semakin meluas. di lansir dari Kompas.com 25 maret 2020 penyebaran virus Corona meluas sebanyak 168 Negara telah mengkonfirmasikan terjangkit Virus Covid-19 ini,  dan jumlah pasien yang terjangkit mencapai 417.247 orang, korban meninggal dunia mencapai 18.612 orang,  dan jumlah korban yang sembuh mencapai 107. 247 orang. 

Penyebaran yang sangat cepat dan luas ini begitu mengkhawatirkan banyak orang,  yang terbaru dilansir dari Kompas. com 19 maret 2020 menyebutkan Virus Corona bisa menyebar melalui udara.  dari keterangan tersebut suadah jelas bahwa penyebaran virus ini tidak bisa di pandang remeh lagi.  oleh karena itu untuk memutuskan ranting penyebaran Corona ini masyarakat di harapkan benar-benar waspada akan menularnya virus ini.

Untuk mencegahnya,  awali dengan hal-hal yang sederhana seperti rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik,  tidak usah keluar rumah jika tidak ada keperluan penting,  jika harus keluar rumah usahakan memakai masker dan hand sanitaizer.

Bicara tentang mencuci tanga selama 20 detik,  terapkanlah dari sekarang sebagai bagian dari gaya hidup anda.  mengapa harus tangan? karena tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering kita gunakan dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. seperti bersentuhan dengan banyak benda,  melakukan tratsaksi pembayaran, dan yang paling sering di lakukan adalah memegan gagang pintu ditempat umum yang menyebabkan banyak virus menempel pada tangan kita.

Tahukah kalian bahwa penyebaran Corona yang paling banyak tertular melalui sentuhan.  pemerintah sampai harus menerapkan sistem Lock down selama 2 minggu demi untuk meminimalisir terjadinya interaksi secara langsung demi mencegah penyebaran Corona.  utuk itu saat ini hindarilah bersentuhan denga banyak orang di tempat umum.

Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik memang sangat di anjurka,  terutama saat anda baru saja keluar dari Rumah.  mengapa harus 20 detik?  dilansir dari Tempo. co 15 maret 2020 mencuci tangan selama 20 detik merupakan cara efektif untuk memastikan tangan anda tidak menyebarkan patogen dan membantu membersihkan kotoran dan kuman.  dengan maraknya virus Corona di dunia saat ini,  maka mencuci tangan dapat di jadikan sebagai salah satu senjata ampuh untuk mencegah penyebarannya.

Sebenarnya kita sangat mengatahui betapa besar manfaat mencuci tangan dalam mencegah penyebaran virus, akan tetapi kita juga terkadang meremehkan hal tersebut dan malas untuk melakukanya.  saat ini orang-orang lebih sibuk mencari hand sanitaizer dan masker yang sudah langka keberadaanya. hand Sanitaizer dan masker memang di anjurkan dipakai sebagai salah satu cara pencegahan. namun untuk kita yang berada di kawasan Aceh, yang peyebaranya belum parah.  untuk mecegahnya cukup mengisolasi diri dirumah dan rajin menjaga kebersihan, terutama rajin mencuci tangan

Saat ini cara yang baik dalam menagani penyebaran Virus Covid-19 ini yaitu dengan mempraktikan diri untuk menjadi perilaku yang lebih bersih dan menjaga tubuh dengan pola hidup yang sehat. salah satu caranya dengan mencuci tangan memakai sabun dalam waktu 20 detik, megkonsumsi makanan yang begizi,  dan rajin berolahraga dengan rutin.

(Rizki maulana, Mahasiswa jurusan Komunikasi dan penyiaran)

No comments