Peroleh Akreditas A, Prodi PMI Gelar Tasyakur Perdana

Share:



WASATHA.COM, BANDA ACEH- Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry menggelar Tasyakur perdana atas keberhasilan mereka memperoleh akreditas A  di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Sabtu (11/01/2020).

Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Fakhri, S. Sos., MA, wakil dekan I, Drs. Yusri, M.Lis, wakil dekan II, Zainuddin T, M.Si, wakil dekan III, Dr. T. Lembong Misbah, MA, Dosen prodi PMI, Geuchik kampung binaan Cot Lame, PKBI, Ketua umum Pintu Hijrah, WWF dan alumni dari Prodi PMI.

Dr. Fakhri S.Sos., MA Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan akademik pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, namun diselenggarakan dengan kegiatan non formal oleh prodi PMI sehingga menjadi rangkaian acara menarik bagi  seluruh civitas Prodi PMI.

“Saya kira rangkaian acara ini menarik, acara akademik namun dikemas secara non formal. Walaupun ada acara akademik tapi bernunasa non akademik”, katanya.

Penyerahan dan tanda tangan MOU antara Fakultas dan Geuchik Desa Binaan, Sabtu (11/01)

Menurutnya, kegiatan akademik merupakan kegiatan formal, namun tidak menutup penyelenggaraannya secara non akademik.

“Akreditas ini semata-mata bukan kegiatan akademik namun juga non akademik, terlepas dari membicarakan perkara bagaimana mencerdaskan intelektual, namun juga kecerdasan emosional. Dengan adanya rangkaian acara seperti ini dapat menghidupkan sinegritas, bukam hanya akademik tapi alumni, stakeholder”, katanya kembali.

Kepala Prodi PMI, Dr. Rasyidah M.Ag menjelaskan Tasyakur ini adalah perdana dilakukan, akreditas yang diperoleh merupakan sebuah anugerah yang belum pernah dicapai.

“Alhamdulillah memperoleh akreditas A, dan itu capaian bukan hanya bagi Prodi tapi juga  Fakultas Dakwah sejak berdirinya. Ini adalah sebuah rahmat serta hadiah terbesar di hari ulang tahun prodi PMI”, jelasnya.

Kepala Prodi PMI itu menjelaskan bahwa prodi telah beberapa kali melakukan pengajuan untuk akreditas prodi menjadi A, dan pengajuan tersebut tercapai pada tahun ini.

“Prodi PMI sudah berusia 24 tahun dan sudah beberapa kali melakukan pengajuan akreditas Prodi, Alhamdulillah di tahun 2020 ini kita memperoleh anugrah itu”. Jelasnya kembali.

Menurutnya, Memperoleh akreditas merupakan impian bagi setiap prodi di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, maka memperolehnya merupakan sebuah anugrah besar, mengingat sangat terbatas jumlahnya di kampus agama kebanggaan rakyat Aceh tersebut.

“Memperoleh Akreditas A merupakan pencapaian tinggi bagi semua prodi dalam akademik kampus,  karena  akreditas itu adalah Impian bagi setiap prodi, dan itu sangat terbatas”, ungkapnya.

Tasyakur yang dilakukan oleh prodi PMI ini adalah perjuangan yang melibatkan seluruh elemen dari pihak fakultas, stakeholder, mahasiswa dan para alumni sehingga kegiatan Tasyakur dilaksanakan bukan dalam rangka memperoleh akreditas A saja tapi memperingati Maulid Nabi Muhammad, pelepasan alumni dan penghargaan kepada dosen terbaik bagi prodi tersebut.

 “Acara tasyakur ini kita lakukan juga memperingati Milad, maulid Nabi Muhammad , jadi kagiatan ini merupakan hadiah spesial bagi prodi PMI”, ujarnya.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, Tasyakur yang dilakukan oleh prodi PMI ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi prodi lainnya, serta dari prodi lainnya dapat lebih bersinergi dalam hal memperoleh akreditas kedepannya.

“Harapan kami di Fakultas Dakwah, bukan hanya prodi PMI saja kedepan dapat memperoleh akreditas, namun juga dari prodi lainnya baik itu KPI, BKI, MD dan Kesos. PMI dapat memulai sebagai contoh atau gurunya, walaupun yang lebih tua itu adalah KPI, namun diharapkan kedepan jurusan lainnya dapat megikuti untuk meningkatkan efektivitas fakultas lebih baik”, harapanya. []

No comments