Iklan

Iklan

Cita Rasa Kopi Gayo

1/28/20, 13:03 WIB Last Updated 2020-06-27T08:42:51Z





Laporan: Rizkiana

WASATHA.COM, Banda Aceh- Keberadaan kebun kopi di daerah dataran tinggi Tanoh Gayo telah berkembang pada awal kolonial Belanda Bahkan, terdapat beberapa daerah yang masih bernuansa Belanda seperti Pilar, Rendines serta Bergendal dan salah satu tempat yang paling cocok dijadikan tempat santai adalah saat ngopi adalah Seladang Coffee. 

Beberapa peninggalan tersebut justru masih berkaitan dengan kolonial seperti LTA77  di Pondok Gajah sebagai tempat pengolahan kopi gayo di Kabupaten Bener Meriah. 

Di dataran tinggi Gayo khususnya di daerah Bener Meriah dan Aceh tengah ini sangat cocok ditanami dengan berbagai macam jenis kopi karena, tanahnya yang subur mebuat kualitas pertumbuhan kopi tersebut semakin baik dan unggul salah satunya kopi yang di tanam di daerah pegunungan di dataran tinggi Gayo.

Suatu keunikan karena di dataran tinggi Gayo khususnya di daerah Bener Meriah. Di temukan berbagai varietas kopi arabika, jenis kopi yang di temukan dalam satu kebun pun umumnya jarang yang single variety. Yaitu, Timtim yang sekarang disebut sebagai varietas Gayo 1, (BourBon) varietas  Gayo 2, Varietas P88 Gayo 3, Longberry, Ateng perawakan pendek dan berbuah lebat.
            
Berbagai macam jenis kopi dan tahapan dari pemetikan kopi hingga menjadi kopi yang bisa kita nikmati. Kualitas kopi gayo terdiri dari dua kelas yakni kelas premium dan biasa, kelas premium biasanya memiliki sertifikat, dipanen dan di olah secara khusus serta permintaan khusus dari pembelinya Sementara untuk kopi gayo biasa bisa di nikmati siapa saja dan harga nya pun lebih terjangkau.

   
Karakter rasa kopi gayo adalah body dan aroma yang kuat. Tingkat keasamannya rendah dengan sedikit rasa rempah (spice). Rasa kopi gayo yang kuat namun tidak pahit membuatnya sangat digemari banyak orang, terutama di Amerika serikat dan Eropa. 

Karakter yang clean membuatnya laku sebagai camuran house blend. Arabika Gayo yang menjadi salah satu varietas kopi terbaik kembali mendapat pengakuan dari pengamat asing, terutama dari anggota Specialty Coffee Association of Europe (SCAE) mereka menyebutnya sebagai kopi terbaik dunia, mulai dari aroma sampai cita rasa yang luar biasa. 

Menurutnya, kopi arabikamemiliki cita rasa yang khas, berupa aroma buah-buahan dan terasa lembut. Sehingga, patut jika dikatakan arabika Gayo merupakan kopi berkualitas terbaik di dunia. 

“Kopi arabika yang kita minum ini sudah sangat nikmat, apalagi kalau kopi luwak, saya rasa sudah sangat luar biasa”, di akui Colin Smith melalui seorang penerjemah.

Kopi Gayo menjadi salah satu kopi kebanggaan indonesia yang dikenal di pasar dunia internasional. Hampir semua orang mengenal kopi ini dengan segala rasanya yang tak terlupakan. 

Kopi inilah yang membuat dataran tingggi Gayo khususnya Bener Meriah begitu mahsyur di indonesia hingga tingkat internasional sebagai penghasil kopi, di dukung dengan kondisi alam yang yang bagus serta ketelatenan petani kopi di daerah Bener Meriah jadi tidak heran Aceh khususnya di daerah Gayo menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbesar di indonesia dengan kualitas yang unggul.[]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cita Rasa Kopi Gayo

Terkini

Topik Populer

Iklan