Headlines
Loading...
Al Fityan School Aceh  Kembangkan Otomasi Perpustakaan

Al Fityan School Aceh Kembangkan Otomasi Perpustakaan




WASATHACOM, BANDA ACEH – Lembaga Pendidikan Islam Al Fityan School Aceh bekerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC) dan Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry mengembangkan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi School Integrated Library System (SchILS) di Perpustakaan sekolah tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 11-13 Januari 2020.
Direktur Alfityan, Bustanul Arifin SPdI melalui Kepala Perpustakaan, Miftahul Jannah SIP mengatakan guna mewujudkaan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan pihaknya bekerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC) dan Prodi Ilmu Perpustakaan melakukan sebuah terobosan baru dengan melakukan otomasi sistem perpustakaan guna meningkatkan layanan dan kemudahan dalam temu kembali informasi.
“Perpustakaan merupakan jantung sebuah sekolah yang menjadi sumber belajar dan referensi bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan terotomasinya perpustakaan tentu akan memberikan kemudahan bagi pengguna otomasi yang meliputi pemustaka dan pustakawan,”kata Miftahul Jannah, Minggu (12/1/2020) disela-sela kegiatan bedah perpustakaan.
Menurut Miftah, kehadiran teknologi informasi di perpustakaan sangat membantu pengelolaan perpustakaan mulai dari kegiatan sirkulasi, manajemen koleksi, manajemen anggota, administrasi perpustakaan dan juga dalam hal penelusuran koleksi yang bisa dilakukan menggunakan komputer.
“Kedepan, pemustaka akan mudah mencari koleksi buku. Mereka tidak perlu lagi datang ke rak, cukup dengan search di OPAC semua sudah diarahkan oleh sistem,” katanya.
Sementara itu, Plt. Aceh Library Consultant, Arkin SIP melalui Manager Operasional , Wandi Syahputra SIP menjelaskan pihaknya selama 2 hari fokus pada pada integrasi koleksi dari manual ke sistem otomasi dengan menggunakan aplikasi SchILS yang merupakan sistem otomasi perpustakaan berbasis SLiMS yang khusus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan sekolah.
“Selama 2 hari, kita melakukan pengolahan seluruh koleksi. Mulai dari entri, penempelan label, barcode dan pembuatan kartu perpustakaan,” kata Wandi, Senin (13/1).
Selain itu, dihari terakhir kata Wandi pihaknya juga membekali para pengelola perpustakaan serta sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab alumni dan program studi Ilmu Perpustakaan pihaknya akan terus memberikan pendampingan untuk pengembangan perpustakaan ke depan.
“Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry melalui para alumni yang tergabung dalam Aceh Library Consultant akan terus memberi perhatian kepada se­kolah-sekolah yang telah menjadi mitra sehingga kita berharap perpustakaan yang menjadi mitra kita akan lebih baik kedepannya,” katanya.
Kehadiran para relawan Aceh Library Consultant (ALC) dipimpin langsung oleh Plt. Direktur ALC, Arkin, S.IP, Manager Operasional, Wandi Syahputra, S.IP, Zulfiqri, S.IP, Muhammad Zulkifli, S.IP, Muhammad Taufiq, S.IP, Muhammad Iqbal, Muhammad Zulfan Rusadi dan sejumlah relawan lainnya. [*]

0 Comments: