The Legend Of Serabi

Share:
Foto : Good News From Indonesia 


WASATHA.COM, Banda Aceh, -
Siapa sih yang tidak tau serabi ? serabi merupakan makanan tradisional yang banyak dijumpai di Indonesia, bahkan disetiap daerah memiliki variasi serabi yang berbeda-beda. Indonesia kaya dengan budaya, tak menutup kemungkinan juga kaya dengan makanan tradisonalnya.

Berbeda dengan daerah lainnya, di Aceh makanan serabi yang dikenal banyak orang memiliki sebutan tersendiri yakni dengan sebutan Apam. Seperti pada umumnya, serabi (Apam) dapat dinikmati dengan kombinasi dari kolak pisang, kolak durian atau kolak nangka.

Uniknya, masyarakat di Aceh Besar sering menghidangkan serabi pada acara-acara pesta pernikahan dan acara Maulid Nabi. Setiap tamu undangan setelah selesai menyantap hidangan makanan pasti akan mencari serabi sebagai pelengkapnya, ntah sadar atau tidak tapi hal tersebut memang sering terjadi dan dilakukan dikalangan masyarakat.

Berbeda dengan Aceh Besar, masyarakat Pidie membuat festival  “Pidie Apam Fair 2019” yang di gelar di Alun-alun kota Sigli, Kabupaten Pidie, sabtu (16/13/2019) lalu.  Kegiatan ini adalah tahun kedua Apam Fair digelar.

Kegiatan ini memiliki makna bahwa dengan melakukan kenduri apam memiliki nilai sosial yaitu dapat saling berbagi makanan kepada kerabat dan melestarikan makanan tradisional di Aceh.

Dikalangan masyarakat, Apam dan serabi adalah dua jenis makanan yang berbeda. Hanya saja proses pembuatannya yang hampir sama namun bahan bakunya yang membedakan keduanya.

Makanan serabi yang ada di aceh memiliki beberapa variasi, yakni serabi yang biasa disajikan dengan kuah atau kolak seperti serabi pada umumnya terbuat dari tepung terigu, sedangkan apam terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kuah yang disebut kuah tuhe, dan juga serabi manis dengan berbagai topping di atasnya.  

Ntah apa yang membuat makanan serabi ini menjadi makanan yang melekat dihati masyarakat Aceh, pada dasarnya segala bentuk yang dilakukan adalah untuk melestarikan dan menjunjung tinggi makanan tradisional serta mempererat silaturahmi.

No comments