Pesona Air Tosca, Pucok Krueng Aceh Besar

Share:
Foto : Mawadzi Siddiq


WASATHA.COM – Aceh Besar dengan destinasi tidak kalah keren dengan daerah lain menyembunyikan begitu banyak objek wisata bahkan tak ada habisnya untuk menjelajah. Dari sekian banyak objek wisata yang terekspos membuat wisatawan ingin terus-menerus kembali menikmati. Seperti halnya Pucok Krueng, panoramanya yang sangat indah membutuhkan stamina banyak menuju ke dini.

            Alam yang asri penuh dengan perpohonan hijau memancarkan kepada telaga yang ingin serupa warna dengannya. Air berwana hijau tosca dengan sensasi hawa dingin serta tebing melingkari telaga dan burung-burung menari menyambut para wisatawan.

            Sebuah telaga di hempit tebing, di tengahnya terdapat perbatasan yang sengaja di buat untuk irigasi kecil dan bisa di lihat juga seperti bentuk jalan setapak. Di sebelahnya terdapat sungai nan jernih dengan air berwarna serupa serta juga dengan sensasi dinginnya. Air ini berasal dari gunung Lhoknga.
Foto : Oni Deliana


           
Jika Anda ingin menelusuri gua Pucok Krueng maka Anda bisa berjalan menelusi tepian telaga. Di sana terdapat berbatuan nan besar yang biasa di jadikan objek berfoto, juga terdapat tali yang sengaja di pasang untuk para wisatawan menguji nyali melompat dari ketinggian kurang lebih 10 meter.

            Di sini juga terdapat pondok serta dengan makanan ringan dan minuman yang di jual. Bila tiba waktu sholat, Anda bisa menunaikan di pondok karena di sini belum adanya mushola dan juga untuk toilet belum tersedia.

            Lokasi objek wisata ini berada di Aceh Besar, Lhoknga jalan Nasional melintasi jalur Barat Selatan. Jika Anda dari Banda Aceh maka waktu tempuh kurang lebih 1 jam, jalan menuju wisata terdapat di sebelah kiri. Setelah itu Anda akan memasuki jalan tanah dan berbatuan. Berkunjung ke sini saat musim hujan bukanlah ide bagus, karena akses jalannya masih seadanya. Waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

            Saat perjalanan menunuju kesini, Anda bisa memanjakan mata dengan sawah-sawah terbentang luas dan suara germecik air. Sesampainya ke sini, Anda harus membayar tiket masuk sebanyak Rp. 10.000 rupiah dengan sekalian parkiran.

            Destinasi ini cocok untuk Anda berlibur pada hari munggu maupun liburan panjang, Anda bisa mengajak keluarga, teman, maupun kekasih halal kesini. Karena suasanya yang asri nan sejuk serta menghilangkan penat dari pekerjaan serta hiruk-pikuknya kota.


No comments