Kebebasan Fininsial Ala Milenial

Share:


Oleh : Mufti Lazuardi
Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa di era milienial yang serba cepat dan canggih ini selalu menggunakan ATM sebagai transaksi yang sangat di andalkan, baik perempuan maupun laki-laki yang selalu ingin bertransaksi nyaman dan cepat.

Bahkan tak sedikit pula yang mempunyai banyak  yang digunakan demi menabung dan bertransaksi dengan nyaman.
Tentu saja dengan di permudahkan pembuatan rekening/ tabungan sudah sangat membantu kita sebagai nasabah untuk menyimpan di bank tersebut.

Hal ini juga dapat membantu kita mewujudkan “kebebasan finansial” baik bagi anak milinial maupun sebagai tabungan persiapan dihari tua.berikut cara mewujudkan kebebasan finasial ala milenial : 

Buatlah rincian pengeluaran dan pendapatan 
membuat rincian pengeluaran dan pendapatan juga sangat penting.hal ini akan mempermudah kita mengetahui aliran dana, baik pengeluaran maupun pendapatan setiap bulannya.

Oleh karena itu, membiasakan membuat rincian ini selain membantu kita mengetahui pengeluaran juga berguna mengkontrol keuangan kita agar lebih stabil.

Perincian pendapatan dan pengeluran bisa teman-teman catat di buku maupun online menggunakan aplikasi di gawai masing-masing, seperti AndroMoney, Monefy,Money Lover.

Menabung
menyisihkan uang untuk menabung juga sangat tepat. Banyakmcara menabung yang dapat dilakkan, mulai dari membeli celengan dan menabung di bank.Akan tetapi, kita harus konsisten melakukannya agar dapat memyimpan uang dengan baik dan benar.

Untuk lebih aman dan teratur, buatlah dua rekening tabungan yang nantinya kita pisahkan untuk tabungan sendiri dan tabungan gaji bagi teman-teman yang sudah bekerja.

Hindari berutang
cara mendapatkan kebebasan finansial selanjutnya adalah dengan menghindari hutang.hal ini merupakan tindakan yang tepat, di karenakan dengan melakukan ini kita bisa menghindari pembelian sesuatu barang yang banyak mengahabiskan uang.

Sudah seharusnya kita bisa mengatur keuangan sendiri demi mencapai kebebasan finansial, terlebih dahulu harus memperiotaskan daftar belanja dari yang paling priortas maupun tidak.

Hidup minimalis
kalimat hidup “minimalis” sudah sangat sering kita dengar. Hidup minimalis merupakan suatu pola hidup yang sedikit dirubah menjadi lebih sederhana dari biasanya.

Misalnya sehari-hari kita belanja perhari menghabiskan uang sebanyak Rp.50.000,00, dengan melakukan hidup minimalis kita lebih menghemat keuangan kita dengan berbelanja kurang dari biasanya.

Pola hidup minimalis ini banyak di terapkan oleh beberapa orang, seperti raditya dika yang merupakan seorang komika dan penulis terkenal di indonesia. 

Mempersiapkan dana darurat

tujuan melakukan persiapan dana “mendadak” patut di perhintungkan, hal ini membantu ketika dalam keadaan darurat.
Teman - teman dapat mengalokasikan dana atau uang secukupnya perbulan untuk menyisihkan dana darurat.teman-teman dapat menyisihkan dari 10% pendapatan perbulan.
Biasanya dana darurat ini digunakan ketika di PHK dari pekerjaan , mengalami kecelakan dan lain-lain.

No comments