Puspa Kirimkan Bibit Pohon Untuk Sekolah di Aceh

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh - Forum Partisipasi Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Keumalahayati Aceh kembali mengadakan program ‘1 Pohon Untuk 5 Generasi’ pada Kamis (21/11/2019) Banda Aceh.

Dalam program tersebut, Puspa mendistribusikan sejumlah pohon untuk sekolah dan masyarakat di Aceh.

Sementara itu sebanyak 3.947 batang pohon telah didistribusikan di 10 Kabupaten/Kota di Aceh, antara lain seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Nagan Raya, Lhokseumawe, dan Bener Meriah.

Amrina Habibi, Ketua Puspa Keumalahayati Aceh mengatakan program tersebut sudah diselengarakan sejak tahun 2018 silam.

“Program ini adalah sebuah inovasi baru yang bersifat berkesinambungan dengan program Pemerintah Aceh yaitu “Aceh Green” serta mendorong capaian tujuan ke-13 pada Sustainable Development Goals atau yang diartikan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Amrina menyebutkan saat ini bibit pohon telah disebarkan ke sekolah-sekolah yang berada di Aceh.

“Dengan adanya program ini setidaknya budaya menanam dapat digerakkan atas kerjasama siswa dengan murid, yang nantinya hal ini tentu sangat berdampak pada pemenuhan salah satu indikator sekolah ramah anak,” sebutnya.

Lebih lanjut Amrina mengatakan bahwa kedepan program ini akan terus ditingkatkan dengan sasaran yang lebih luas.

“Walaupun sempat terkendala dengan jumlah pohon yang didistribusikan, karena permintaan lebih besar dari pada ketersediaan pohon, belum lagi jenis pohon yang kurang beragam, hal ini sudah kami bahas dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Krueng Aceh untuk didokumenkan dalam MOU kerjasama,” jelasnya.

Menurutnya BPDAS Krueng Aceh menjadi salah satu pihak yang sangat membantu sebagai penyedia bibit tanaman untuk dikelola oleh Puspa Keumalahayati Aceh.

“Basis partisipasi berbagai pihak mulai dari Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Kelompok Anak Muda, dan Komunitas memang menjadi landasan kerjasama antara Puspa dengan BPDAS Krueng Aceh tersebut,” imbuhnya.

Amrina juga menambahkan selain penyebaran pohon, Puspa Keumalahayati Aceh juga turut menginformasikan kampanye Three Ends kepada seluruh masyarakat.

“Semoga kualitas hidup masyarakat semakin membaik. Pendekatan melalui aktifitas menanam tentu jauh lebih menyenangkan dan pastinya mudah diterima oleh masyarakat,” pungkasnya. []

No comments