Yusny Saby Ajak Milenial Ikuti Jejak Nabi

Share:



WASATHA.COM, BANDA ACEH - Yusny Saby mengajak seluruh peserta seminar untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan dalam menyebarkan dakwah sebagai ajaran islam. 

Hal tersebut disampaikannya dalam peringatan Mulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah Dan Komunikasi bekerja sama dengan pusat Study Persia di Aula Pascasarjana. Kamis (21/11/2019)

Yusny  mengatakan selama hidupnya Rasullulah Saw telah mencontohkan sifat mulia yang dapat dijadikan suri tauladan terutama dalam menyebar kebaikan. Salah satunya adalah bagaimana menunjukkan kasih sayang antar sesama, termasuk kepada mereka yang jauh dari kebenaran.

Ia mengambil contoh bagaimana perilaku Nabi yang tetap baik kepada semua umat saat menyebarkan ajaran dakwah, tetap lemah-lembut sehingga dapat menjadi penyejuk.
Sikap inilah menurut Prof Yusny  harus banyak diterapkan oleh para Dai, terlebih lagi Indonesia yang terkadang sering terjebak dalam kehidupan provokasi melalui media sosial.

“Pengganti Nabi Muhammad dalam berdakwah adalah kita pelaku Dakwah ujung tombaknya,  dengan begitu mereka harus menguasai segala prilaku dan kinerja Rasul seperti cinta damai, aman, toleransi dan para Da’i harus menjadi penyejuk sehingga tidak menjadi propokator apalagi  jaman ini beban dakwah menjadi besar jika fitnah terus menyebar terutama di media sosial.” ujarnya.

Ia juga menyinggung untuk selalu bersatu walau sudah berbeda pendapat, saling menunjukkan agar kembali kejalan yang benar dan selalu menghindari segala bentuk kekerasan.

“saling menyelesaikan masalah dengan komunikasi akan lebih baik ketimbang saling memprovokasi, jangan mencari Hadist untuk menyalahkan teman namun jika mencari ilmu untuk membawa teman pada kebenaran itu bagus untuk diterapkan. tetaplah  Al-Quran dan Hadist menjadi peganggan sebagai rujukan” kata guru besar UIN Ar-Raniry. 

Peringatan Maulid dihadiri oleh konselor kebudayaan Iran Mr. Mehrdad Rakhshandeh Yazsi, turut dimeriahkan dengan ceramah maulid dari Prof, Yusny dan Dr. Abizal serta para akademisi dan mahasiswa.[] 

No comments