Ribuan Santri TPQ Se-Banda Aceh ikuti FASI 2019

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH- Ribuan santri TKA, TPA dan TPQ Se-Banda Aceh mengikuti  Festival Anak Shaleh (FASI) 2019 yang diselenggarakan di Masjid Jami' Kopelma Darussalam, Kota Banda Aceh, Kamis (31/10/2019).

Perlombaan bertajuk "BISA JUARA SATU" (Bina Santri Jujur, Arif, Sabar dan Tulus) ini diikuti oleh 52 TKA, TPA dan TQA dengan jumlah perlombaan sebanyak 25 cabang.

Kegiatan akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 31 oktober- 3 November 2019.

Pembukaan acara dimeriahkan dengan pawai yang diikuti oleh semua santri TKA, TPA, dan TQA se-Banda Aceh.

 TPA Unggulan Al-Hilal Masjid Oman Al-Makmur, salah satu kafilah lomba FASI 2019. terlihat santri berseragam "ungu" itu sangat antusias dalam acara.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Syari'at Islam Kota Banda Aceh berkerjasama dengan BKPRMI, dihadiri langsung oleh wakil walikota, ketua DPRK, MPU Banda Aceh, KNPI Kota Banda Aceh, DANDIM 0101/BS dan Polresta kota Banda Aceh.

Drs. H. Zainal Arifin, wakil walikota memberi sambutan dan pembukaan pada FASI 2019.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan FASI diharapkan dapat menjadi wadah anak-anak menjadi generasi Qur'ani dan dapat menjadi keturunan yang terus ta'at akan perintah Allah.

Adapun hadiah yang akan diserahkan kepada para  pemenang yaitu, juara satu sebesar Rp. 1.000.000, Juara dua sebesar Rp. 800.000, juara 3 sebesar, Rp. 600.000 dan juara umum sebesar, Rp. 3.000.000.

Kegiatan ini bertujuan mengasah kemampuan santri serta menjadi sarana untuk evaluasi para pengajar terkait keberhasilannya dalam mengajar.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai evaluasi anak-anak, bukan hanya anak-anak tapi juga dari para pengajarnya agar bisa mengevaluasi, karena tujuan dari FASI ini adalah mengevaluasi kurikulum yang ada di TPA sehingga kedepannya apa yang kurang dapat diperbaiki", jelas Mardani, ketua LPPTKA.

Kemudian harapannya dari pemerintah kedepan bisa banyak mengambil peran dalam kegiatan terutama dalam hal anggaran kegiatan FASI.

"Harapannya juga kepada pemerintah, semoga bisa ditingkatkan lagi anggaran untuk kegiatan FASI seperti ini", jelasnya kembali.

Kegiatan FASI 2019 diharapkan juga bisa menjadi ajang melahirkan bibit unggul untuk kafilah MTQ Aceh di masa yang akan datang.

"Harapannya, anak-anak kita yang mengikuti lomba FASI ini dapat menjadi bibit unggul Kafilah MTQ Aceh 2020 kedepannya," Jelas Tengku Alizar Usman, kadis Syariat Islam Banda Aceh ketika diwawancarai. []






















No comments