Cegah Plagiasi, FISIP UIN Ar-Raniry Launching Academic Writing Center

Share:

FISIP UIN Ar-Raniry, Banda Aceh
WASATHA.COM, Banda Aceh - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaunching Academic Writing Center (AWC), Kamis (3/10/2019) Banda Aceh.


Hal tersebut dilakukan FISIP untuk mencegah serta membrantas kejahatan plagiasi (penjiplakan) di dunia akademik.


Dr Muhammad AR, M.Ed, pembina AWC  menjelaskan bahwa  hadirnya pusat studi penulisan akademik ini menunjukkan niat serius FISIP UIN Ar-Raniry untuk berperan aktif mencegah dan sekaligus ikut menumpas terjadinya kejahatan akademik, yang sering disebut sebagai writing crime.


“Salah satu bentuk writing crime adalah tindak plagiasi, yaitu mencuri atau membajak hasil karya orang lain, kemudian mengakui hasil karya tersebut sebagai miliknya,” ujarnya.


Sementara itu Dekan FISIP, Dr Ernita Dewi, M.Hum dalam sambutan mengatakan bahwa upaya menghadirkan sebuah pusat studi penulisan ilmiah merupakan gagasan yang cemerlang.


Sebagai pimpinan, Ia tentu mendukung setiap upaya bersama untuk membantu mahasiswa, dosen dan para penulis dalam mengembangkan ide-ide penulisan yang orisinal agar menjadi sebuah karya ilmiah berkualitas, tanpa harus menjiplak karya tulis orang lain.


“Keluarga besar FISIP UIN Ar Raniry tentunya bangga, karena ini merupakan yang pertama ada di UIN Ar-Raniry. Saya berharap semoga upaya FISIP ini bisa segera bersinergi dan berkolaborasi dengan  fakultas-fakuktas lain, sehingga menjadi sebuah gerakan di level Universitas, yang tentu lebih besar dampaknya, bagi kemajuan penulisan akademik di UIN Ar Raniry secara khususnya, dan di Aceh pada umumnya,” sebutnya.


Muazzinah, Ketua AWC mengatakan bahwa pentingnya mencegah kejahatan akademik karena disadari atau tidak, melakukan tindak pencurian atau pembajakan karya orang lain  merupakan tindakan memalukan dan mematikan nilai kejujuran.


“Lantas apa artinya nilai kecerdasan intelektual tanpa nilai kejujuran? Tentu kita tidak menginginkan adanya orang cerdas yang tidak jujur. Ini tidak berarti apa-apa untuk memajukan Aceh menjadi lebih baik,” tegasnya.


Selain melauncing AWC, Dekan FISIP juga melantik pengurus ‘Klub Mahasiswa Anti Plagiasi’.

Penyerahan SK kepengurusan ‘Klub Mahasiswa Anti Plagiasi’ diberikan kepada Putri Mahzaniar yang diserahkan oleh Wadek III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FISIP, Ade Irma, B.H.Sc,MA.

Adapun acara ini juga dihadiri oleh civitas akademika FISIP UIN Ar-Raniry dan para kepala laboratorium di lingkungan UIN Ar-Raniry serta pemateri dari UIN Sumatera Utara Drs Muhammad Aswin. []







No comments