Headlines
Loading...
Benteng Inong Balee, Warisan Sejarah Bernilai Tinggi

Benteng Inong Balee, Warisan Sejarah Bernilai Tinggi

Pesona alam di Benteng Inoeng Balee, Aceh Besar. (Foto : Aulia Rahmat Syahputra | Wasatha.com)

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Benteng Inong Balee merupakan salah satu situs warisan budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi, dimana mungkin  bagi sebagian orang merasa tempat ini jauh dan perjalanannya susah untuk diakses karena tempatnya jauh di pelosok Bukit Soeharto, Aceh Besar. 

Benteng Inoeng Balee ini mempunyai pesona alam yang sangat menarik. Medan yang harus kita tempuh berbatuan, sehingga pengunjung harus berhati-hati. 

Meskipun kesulitan dalam perjalanan, pemandangan menarik, hemparan angin sejuk dan birunya air laut membuat para pengunjung dimanjakan oleh suasananya.

Hamparan ombak mengikuti arah angin dapat membuat mata menjadi nyamantentram, dan menikmati pesona alam. Ingin rasanya berlama-lama di Benteng Inong Balee ini, walaupun akses perjalanan yang jauh tetapi terbayarkan dengan pesona alam birunya.

Tidak hanya suasana yang indah, Benteng Inong Balee juga memiliki sejarah penting yaitu sosok Keumalahayati atau Malahayati. Ia adalah Laksamana laut wanita pertama Kesultanan Aceh yang berjasa dalam mengawal diplomasi Internasional antara Aceh dengan Negara-negara Eropa. 

Malahayati menjadi komando dari laskar Inong Balee yang legendaris, inilah asal muasal terciptanya nama Benteng Inong Balee ini. Karena kesuksesan Malahayati, namanya tercatat dan diakui dalam sejarah di berbagai bangsa.

Sosok pahlawan wanita ini sangat berjasa bagi rakyat Aceh dan Negara. Sudah sepantasnya kita dapat lebih melestarikan nilai budaya dan warisan negeri ini, lebih cinta kepada Negeri dimana perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu dalam memerdekakan Negara. [Aulia Rahmat Syahputra]

0 Comments: