VIDEO Masjid At-Taqwa Pesona Religi Aceh Tenggara

Share:




Tonton Video: Pesona Religi Masjid At-Taqwa Aceh Tenggara

MASJID agung At-Taqwa berdiri megah di pusat Kutacane,  Kabupaten Aceh Tenggara. Negeri berjuluk Bumi Sepakat Segenap ini,  mayoritas dihuni Suku Alas yang berkulit putih sedikit kemerahan.

Di Kutacane, Masjid megah itu berdiri dengan pesona religius dalam balutan khas Alas yang memikat hati para pengunjung.

Masjid ini dibangun semasa Bupati Hasanuddin Beruh, selesai pada tahun 2016 dengan biaya mencapai Ra 72,9 miliar lebih.

Masjid dilengkapi beragam ornamen yang menambah kesan wah. Lima kubah utama menjadi simbol masjid,  sisanya kubah pendamping sebanyak 15 kubah.

Berada di dalam masjid,  suasana teduh langsung terasa. Cahaya lampu hias memantul dari lantai merah berbahan granit menambah megah dan kesan religius yang kuat.

Jika senja tiba,  semburat kuning keemasan redup terserap ke dalam aura masjid yang semakin berkilau bertabur cahaya. Waktu senja, banyak warga berfoto selfie,  air mancur di sudut kanan gerbang menyemarakkan suasana.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 12.230 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 2.675 M2. Rumah Allah ini,  melibatkan banyak tangan sebagai pemrakarsa pendirian.

Di pintu depan masjid, kita dapat membaca deretan nama panitia pembangunan.

Dua prasasti penanda masjid menginformasikan kepada  setiap pengunjung bagaimana masjid  ini dibangun dari awal dan harapan Hasanudin  Beuruh yang terbaca jelas:

"Pesanku!  Wahai Saudaraku, kutitipkan masjid ini,  pelihara, rawat,  dan makmurkanlah, "

Masjid ini telah menjadi ikon religius negeri di kaki Gunung Leuseur. [Arif Ramdan]

No comments