Plt Gubernur Minta ASN Tingkatkan Pelayanan Sesuai Perkembangan Zaman

Share:
Pelaksana Tugas Gubernur Aceh menjadi pembina apel istimewa penyerahan SK kenaikan Pangkat dan SK Pensiun, kepada 786 ASN di setiap SKPA, di halaman kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin (30/9/2019)

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN) terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman. Menyahuti perkembangan itu, kata dia, Pemerintah Aceh juga melakukan reformasi birokrasi agar lincah merespon perubahan dalam masyarakat.

"Birokrasi Pemerintah Aceh harus mampu menyahuti ekspektasi masyarakat yang tinggi kepada aparatur negara," ujar Nova, pada apel istimewa penyerahan SK kenaikan Pangkat dan SK Pensiun, kepada 786 ASN di setiap SKPA di halaman kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin (30/9/2019) pagi.

Sebelumnya, Plt Gubernur telah menugaskan Sekda Aceh, Taqwallah untuk mengantarkan dan menyerahkan langsung 1.829 SK kenaikan Pangkat dan SK pensiun kepada ASN bersangkutan di sejumlah kabupaten/kota. Plt Gubernur menilai, hal tersebut merupakan inovasi baru dan contoh baik (best practice) yang ditunjukkan Pemerintah Aceh. Di mana, pemerintah itu melayani bukan minta dilayani.

"Pemerintah yang memudahkan urusan, bukan menambah rumit persoalan," kata Nova.

"Bahkan, Sekda Aceh dr Taqwallah, M.Kes tak ingin diperlakukan istimewa. Ia berada dalam barisan hari ini untuk menerima kenaikan pangkat tertinggi ASN, yakni Pembina Utama (IV/e)," tutur Plt Gubernur.

Selain penyerahan SK kenaikan pangkat dan pensiun ASN, kata Nova, Pemerintah Aceh juga mensosialisasikan budaya Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH) di sekolah-sekolah, kantor pemerintah, dan rumah ibadah (masjid dan meunasah).

"Kebersihan sebahagian dari iman kita, yang bertekad-bulat menjalankan Syariah Islam secara kaffah di bumi Aceh," kata Nova.

Nova menuturkan, sosialisasi budaya bersih, rapi, dan indah, tersebut tidak lah cukup dengan kata-kata. Untuk itu, lanjut dia, Pemerintah Aceh mencoba berikan contoh teladan memulai gerakan Bereh dari Kantor Gubernur Aceh dan seluruh SKPA.

"Hasilnya cukup menggembirakan, hanya dalam waktu satu minggu target BEREH di provinsi bisa dicapai, tanpa perlu ada SK Panitia dan biaya," ujar Plt Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubernur juga berterimakasih dan mengapresiasi bupati dan wali kota beserta jajarannya yang hadir mengikuti prosesi penyerahan SK dan sosialisasi BEREH tersebut, dari awal hingga selesai. 

Penyerahan SK Kenaikan Pangkat bagi 786 ASN pada Apel Istimewa tersebut, merupakan rangkaian kegiatan dari penyerahan SK Kenaikan pangkat sebanyak 2663 ASN Pemerintah Aceh di seluruh kabupaten/kota.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, menambahkan, bahwa besok, Selasa (1 Oktober 2019) Sekda Aceh akan melanjutkan hal yang sama di Kabupaten Simeulue. 

"Ini merupakan kabupaten terakhir yang menerima kenaikan pangkat dan pensiun untuk TMT 1 Oktober 2019," kata Iswanto.[]

No comments