FDP dan Dewan Dakwah Aceh Biayai Kuliah 35 Mahasiswa Kurang Mampu

Share:


 WASATHA.COM, BANDA ACEH - Pengurus Pusat Forum Dakwah Perbatasan (FDP) bersama Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh membantu biaya kuliah 35 mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Ke 35 mahasiswa tersebut kuliah di dua kampus yang berbeda, yaitu di Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh di Komplek Markaz Dewan Dakwah Aceh di Gampong Rumpet, Kec. Krueng Barona Jaya, Kab. Aceh Besar sebanyak 23 orang dan di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir di Bekasi, Jawa Barat 12 orang.

Ketua Forum Dakwah Perbatasan, dr Nurkhalis Sp.JP, Rabu (21/8/2019) mengatakan para mahasiswa tersebut berasal dari daerah perbatasan dan pedalaman Aceh. Diantaranya berasal dari Simeulue, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan Gayo Lues.

Nurkhalis menambahkan mahasiswa yang akan kuliah di ADI Aceh, mareka sudah tiba di kampus tersebut. Sedangkan yang melanjutkan ke STID Mohammad Natsir di Bekasi, Jawa Barat mareka masih dalam perjalanan dikarenakan berangkatnya melalui jalur darat.

“Biaya transportasi dari daerah sampai tiba di kampus tersebut FDP yang menanggungnya. Selain itu kita juga membantu biaya konsumsi (makan) bulanan mareka. Sedangkan untuk penginapan selama kuliah, Dewan Dakwah Aceh yang akan menanggungnya,” kata Nurkhalis.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah itu menjelaskan para mahasiswa tersebut berasal dari keluarga kurang mampu dan tertinggal dari segi pendidikan. Diantara mareka juga berstatus fakir dan miskin. Selain itu juga lemahnya aqidah dan pengamalan syariat di tempat asal mareka.

Ia menambahkan kedua kampus itu fokus utama pendidikannya pada bidang komunikasi dan dakwah masyarakat. Maka dengan program tersebut diharapkan akan membentuk generasi yang shalih dan islami. Juga adanya pengkaderan dai yang nantinya akan berjuang untuk menghidupkan dakwah di daerah perbatasan dan pedalaman Aceh.

“Program jangka panjang kita adalah membantu mereka agar bisa kuliah hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Dari itu kita sangat berharap adanya muhsinin yang dermawan yang siap memberikan bantuannya untuk para mahasiswa tersebut,” pungkas Nurkhalis.[]

No comments