Kebun Strawberry, Si Merah Merona dari Tanoh Gayo

Share:
Illustrasi. kebun strawbery (foto: Ist)



Laporan : Melli saputri

WASATHA.COM, BENER MERIAH - Dataran tinggi Tanoh Gayo yang terkenal dengan keindahan alam dan perkebunan kopi tersebut menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, dengan suasana yang sejuk dan pemandangan yang sangat memanjakan mata bagi siapa saja yang berkunjung ke daerah yang dikenal dengan sebutan kota dingin ini.

Aceh Tengah dan Bener Meriah sangat terkenal dengan wisata dan budaya nya. Tari guel dan didong termasuk seni yang sangat dibanggakan oleh masyarakat setempat dan kopi gayo yang mendunia ini sangat banyak menarik perhatian dari masyarakat Aceh maupun luar daerah.

Kini Bener meriah juga memiliki perkebunan  strawberry yang tak lama ini menjadi incaran masyarakat. Dengan sejuk yang sangat mendukung untuk mengunjungi perkebunan tersebut. Ditambah lagi dengan perkebunan kopi dan dihiasi dengan tanaman sayur seperti buah kul, tomat dan bau bunga kopi yang sangat mendukung bagi siapa pun yang berkunjung.

Proses perkembangan kebun strawberry ini selama tujuh bulan dan selama tiga bulan terakhir sudah menjadi buruan para wisatawan maupun masyarakat setempat.

"Batang strawberry tersebut diganti setiap satu tahunnya, Kebun mencapai seluas satu hektar, dan milik pribadi tanpa ada bantuan dari pemerintah," ujar Jasman, pemilik perkebunan tersebut.

Ia mengatakan dari hasil perkebunan tersebut biasanya akan dikirim ke seluruh Aceh seperti Lhoksunawe, Bireun, Lhoksukon, Banda Aceh dan lainnya.


Menuju Lokasi

Destinasi perkebunan ini terletak di Buntul Kepies, kecamatan Permata, kabupaten Bener Meriah. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari perkotaan. Dan para pengunjung membutuhkan waktu 25 menit dengan perjalanan kaki, dengan jalan yang masih kurang bagus dan becek karena masih  jalan perkebunan.

Untuk masuk kesana pengujung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp10.000/per orang. Pengunjung  juga dibolehkan untuk memetik sendiri buah merah merekah yang kini lahir di Tanoh Gayo.

Walau jarak tempuh yang lumayan jauh, dan harus melewati medannya yang tergolong rumit, namun pengunjung bisa merasakan pengalaman baru memetik buah strawberry sambil menikmati pesona alam. []

No comments