Mohammed Salah Bantu Kurangi Islamofobia di Inggris

Share:
Selama dua tahun terakhir  diperkiran ada sekitar 18,9 persen  kejahatan rasial yang terjadi di inggris dalam 53 persen tweet anti-Muslim yang dianalisis di kalangan penggemar Liverpool

Foto: premierleague.com


Lab Keimigrasian Universitas Stanford, di Amerika melakukan penelitian tentang Can Exposure to Celebrities Reduce Prejudice? (Bisakah paparan aktivitas selebritis) dan The Effect of Mohamed Salah on Islamophobic Behaviors and Attitudes (Pengaruh Mohamed Salah pada Perilaku dan Sikap Islamofobia).

Penelitian ini bertujuan untuk mendukung hipotesis yang mengatakan bahwa kedatangan Mohammed Salah di Liverpool FC menyebabkan penurunan tindakan fanatisme ekstrim di Inggris.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwasanya ada pengurangan Islamofobia di Merseyside Inggris sejak kedatangan orang-orang dari Mesir, salah satunya adalah pemain sepak bola professional Mohammed salah yang kerap disapa Mo Salah.

Penelitian juga mengungkapkan tingkat kejahatan rasial atau rasisme di Merseyside telah turun sejak Salah bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2017.

Selama dua tahun terakhir  diperkiran ada sekitar 18,9 persen  kejahatan rasial yang terjadi di inggris dalam 53 persen tweet anti-Muslim yang dianalisis di kalangan penggemar Liverpool seperti yang dikutip dari premierleague.com (6/06/2019).

Penelitian dilakukan dengan menganalisis sekitar 15 juta tweet dari penggemar sepakbola di Inggris dan 8.600 penggemar Liverpool, kemudian para penggemar tersebut disurvei  sebelum dan setelah Salah bergabung ke Liverpool.

Eksperimen survei menunjukkan  hasil hubungan antara Islam dengan orang-orang yang tinggal di Liverpool menjadi semakin akrab ketika Mo Salah memenangkan Sepatu Emas dua musim berturut-turut bersama Liverpool dan berhasil membatu Liverpool FC memenangkan piala bergengsi Liga Champions UEFA pada Minggu (02/06/2019) dengan gol pembuka yang di cetak Salah dalam kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur. [Khairul Azmi]













No comments