Ini Dia Empat Tips Untuk Maksimalkan Jepretan Foto di Smartphone

Share:


Sumber foto: plazakamera.com
Oleh Ilham Maulana
WASATHA.COM - Fotografi merupakan sebuah bidang seni yang dapat menjadi ladang penghasilan dengan pendapatan yang mengiurkan. Di samping itu, banyak orang yang menjadikan fotografi hanya sebatas hobi untuk mengisi waktu luang dan media mengasah kreatifitas.

Beranjak jauh dari fungsi dasar fotografi, yang dulunya hanya sekedar untuk mengabadikan momen dalam bentuk gambar. Namun sekarang kualitas dan keunikan dari sebuah gambar turut menjadi hal yang sangat di perhatikan.

Di zaman yang canggih seperti sekarang ini, kamera digital bukanlah syarat utama untuk menikmati fotografi. Smartphone menjadi sebuah alat alternatif terdekat untuk membantu kita dalam mengambil gambar dengan kualitas yang tak kalah dari kamera digital.

Meskipun sekarang sudah banyak smartphone yang memiliki kualitas kamera yang sangat baik, tetapi masih ada juga sebagian orang mengeluh terhadap cara pemamfaatan fitur kamera di smartphone untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Untuk mengatasi hal yang demikian, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan disaat mengambil gambar dengan smartphone:

1. Mengambil Gambar Di Tempat Yang Cukup Cahaya

Dalam fotografi, cahaya adalah unsur terpenting untuk diperhatikan agar gambar yang dihasilkan tidak over eksposure (terlalu terang) ataupun under eksposure (terlalu gelap). Dalam mengatasi over eksposure anda bisa mengunakan kertas HVS untuk menutupi bagian dari objek yang terpancar cahaya yang berlebihan.

Sedangkan untuk mangatasi under eksposure sebaiknya anda mengambil gambar outdoor (diluar ruangan) untuk pencahayaan yang lebih baik. Namun, Jika anda harus mengambil indoor (didalam ruangan) anda dapat menggunakan senter di handphone anda yang ditutupi dengan kertas HVS agar cahaya dari lampu senter smatrphone anda tetap terlihat halus.

2. Jaga Tangan Agar Tetap Stabil

Hal ini seringkali dihiraukan oleh banyak orang ketika mengambil gambar dengan menggunakan smartphone. Anda harus mengetahui bahwasanya smartphone memiliki kecepatan mengambil gambar lebih rendah disbanding kamera digital, oleh karenanya kita harus menjaga kestabilan tangan ketika mengambil gambar agar tidak terjadi motion blur (blur yang dihasilkan oleh gerakan) pada gambar anda sehingga membuat gambar tampak tajam dan mampu menjelaskan informasi yang terdapat pada gambar tersebut.

3. Mempelajari Angle Foto

Dengan mempelajari berbagai macam angle foto dapat membuat gambar anda terlihat lebih menarik dan professional. Selain itu, pemilihan angle yang tepat membantu anda dalam menjelaskan emosi dari gambar anda.

4. Memanfaatkan Nine Grids

Fitur nine grids atau garis yang membentuk 9 kotak pada aplikasi kamera di smartphone anda adalah sebuah hal penting yang sering diacuhkan keberadaannya. Penggunaan nine grids disebut juga dengan konsep rule of third, rule of third membantu gambar anda terlihat lebih seimbang, selaras dan dapat membuat orang yang melihat gambar anda lebih terfokus kepada objek utama. Cara menggunakan rule of third ialah dengan meletakkan objek foto anda pada salah satu titik dari 9 kotak tersebut.

Itulah beberapa tips agar gambar yang kamu hasilkan di smartphone menjadi lebih menarik di lihat.[]

No comments