Bahaya Konsumsi Food Supplement Setiap Hari

Share:


Sumber foto: sciencenewsforstudents.org

Oleh Ilham Maulana
WASATHA.COM - Penyakit timbul karena kecerobohan manusia itu sendiri, penyakit juga bisa timbul karena penerapan gaya hidup yang tidak benar, salah satu faktor seseorang terkena penyakit karena ia terlalu mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan.

Sebenarnya didalam islam telah di beritahukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi sesuatu baik itu makanan, minuman, dan lain sebagainya secara berlebihan ia akan menjadi manusia yang benak hatinya, intinya agama islam ingin mengingatkan kita tentang makan dan minumlah secukupnya.

Dikutip dari buku Nurheti Yuliarti, A to Z Food Supplement, 2009. Yang dimaksud dengan food supplement adalah makanan tambahan. Bahan ini meliputi aneka produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat. 

Nutrisi yang terkandung dalam food supplement meliputi vitamin, mineral, dan asam amino (elemen pembangun protein). Sementara itu, food supplement yang bersifat obat umumnya diambil dari tanaman atau jaringan tubuh hewan yang memiliki khasiat obat.

Food supplement ini dipercaya oleh orang-orang kegunaannya sebagai pendamping atau penambah program diet, nutrisi, atau kondisi tubuh tertentu, dan bukan merupakan pengganti makanan.

Namun realitasnya kebanyakan orang-orang memanfaatkan food supplement ini sebagai pengganti makanan, hal ini kebanyakan dilakukan oleh kaum hawa, demi melancarkan program dietnya para wanita sekarang menggunakan food supplement sebagai pengganti makanan, dengan alasan food supplement lebih rendah kalorinya dan lebih besar efeknya dalam melancarkan diet ketimbang diet dengan cara berolahraga dan menjaga pola makanan dengan cara mengkonsumsi sayuran, buahan, dan makanan pokok yang seimbang serta teratur.

Beragam penyakit timbul pada zaman modern ini, dan pemakaian suplemen semakin berkembang pesat, nah disinilah guna suplemen yaitu untuk menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Gejala penyakit seperti infeksi, alergi, dan gangguan lainnya juga dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi suplemen.

Sebenarnya suplemen ini banyak bentuknya dan berbeda pula khasiatnya, seperti tema yang penulis bahas, yaitu food supplement kegunaannya sebagai pendamping makanan bukan pengganti makanan, dan ada juga suplemen penjaga daya tahan tubuh seperti Enervon – C dan  ini bukan pendamping makanan, inilah yang harus kita ketahui ketika hendak memakai atau mengkonsumsi suplemen, anda juga harus bisa megetahui jenis dan kegunaan suplemen, supaya terhindar dari penyakit.

Kebanyakan orang-orang di Indonesia sekarang malas membaca panduan dan kegunaan suatu produk, realitasnya orang-orang Indonesia ketika sudah mengetahui bentuk suatu produk, langsung disimpulkan bahwa itu bermanfaat untuk tubuh saya, dan ini dilakukan tanpa membaca.

Contohnya: Seperti obat, obat-obatan banyak dan beragam, dan manfaat obat itupun berbeda-beda makanya di setiap produk-produk obat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan obat, dilengkapai dengan tulisan panduan dan kegunaan obat di kertas obat tersebut, di Indonesia kebanyakan orang-orang Indonesia ketika hendak mengkonsumsi obat, orang-orang Indonesia melihat bentuk obat bukan membaca panduannya, apabila obat  itu berbentuk bulat berarti obat itu gunanya untuk meredakan sakit kepala, begitulah anggapan orang Indonesia.

Pada era modern ini, produk food supplement sudah semakin meningkat dan semakin populer, dan masyarakatpun mulai rajin mengkonsumsi dan menggunakannya didalam kehidupan sehari-hari.

Namun yang menjadi pertanyaannya apakah mengkonsumsi food supplement setiap hari baik bagi kesehatan?

Jawabannya adalah masih terjadi kontroversi dikalangan para peneliti, beberapa riset menyatakan penggunaan suplemen makanan berkaitan dengan risiko mengidap kanker dan stroke.

Vitamin E didalam food supplement yang diklaim sebagai antioksidan pencegah kanker, menurut sebuah riset di Amerika justru dapat meningkatkan risiko tumor paru.

Kontroversi food supplement masih terjadi hingga sekarang, hal ini terjadi karena ada sebuah riset yang menunjukkan bahwa tak semua suplementasi vitamin menguntungkan bagi kesehatan. Hasil riset diatas tadi memeperlihatkan kepada kita bahwa ada beberapa suplementasi vitamin tertentu tidak bermanfaat bagi kesehatan, tetapi justru dapat meningkatkan risiko kematian.

Oleh karena itu sebaiknya kurangi pemakaian suplementasi jenis apapun itu, mengingat para peneliti masih kontroversi terhadap barang ajaib ini. Di sini penulis bukan melarang anda untuk tidak mengkonsumsi suplementasi, tetapi setidaknya kurangi pemakaiannya, pahami kegunaan suplemen tersebut dengan cara membaca, dan jangan mengkonsumsi suplementasi itu secara berlebihan, ikut panduannya. []

No comments