INH

Iklan

Iklan

Hilal Tak Tampak, Puasa Kembali Tidak Serentak di Aceh

5/07/19, 06:21 WIB Last Updated 2019-05-06T23:39:04Z

Suasana penglihatan hilal di sejumlah tepi pantai di Aceh, Banda Aceh (7/5/2019). (Foto : David Muhammad).


WASATHA.COM, Banda Aceh - Penentuan jadwal puasa pertama kembali tidak serentak di Aceh. Ini disebabkan karena  hilal tidak kelihatan di beberapa titik di wilayah Aceh, Selasa (7/5/2019).

Berapa tempat pengajian di Aceh yang masih melakukan penglihatan hilal mengunakan mata tanpa bantuan alat teleskop, seperti beberapa wilayah Aceh Selatan, Bireuen, Aceh Besar dan berapa tempat pengajian lainnnya di Aceh. Sehingga, salah satu santri M. Arif Hidayatullah, menyebutkan Tgk Muhammad Amin atau akrab di sapa sebagai Abu Tumin Blang Bladeh menentapkan puasa pertama jatuh pada  7 Mei 2019.

"Hilal tidak kelihatan salah satunya seperti di Bireuen. Jadi, menurut Tgk Muhammad Amin atau akrab di sapa Abu Tumin Blang bladeh puasa jatuh pada tanggal 7 Mei 2019, tepatnya hari Selasa," kata Arif salah satu santri Tgk Muhammad Amin atau akrab di sapa Abu Tumin Blang Bladeh.

Dia juga menambahkan, setelah ditelusuri sampai saat ini,  hilal tidak terlihat di Aceh dan Sumatera. Dengan demikian, Abu Tumin Blang bladeh dan Abu Mustafa Paloh Gadeng menentukan penetapan awal puasa Ramadhan di beberapa wilayah Aceh Selatan, Bireuen dan Aceh Besar akan dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2019. [David Muhammad]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hilal Tak Tampak, Puasa Kembali Tidak Serentak di Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan