Sebanyak 20 Video Karya Peserta Klinik Jurnalistik Dibedah Jurnalis Kompas TV

Share:

Peserta Klinik Jurnalistik Angkatan II, Sabtu (27/4/2019) di Aula FDK UIN Ar-Raniry. (Foto: Mabrur | Wasatha.com)


Laporan: Mabrur, Melli Saputri

WASATHA.COM, Banda Aceh – Davi Abdullah, Associate Producer Kompas Tv Aceh membedah 20 video karya peserta Klinik Jurnalistik, Sabtu (27/4/2019) Pagi di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Sejumlah karya video tersebut merupakan hasil dari pembelajaran tentang teknik pengambilan gambar sesuai dengan kaidah jurnalistik televisi.

"Mengembangkan skill dalam jurnalistik harus terus dilatih dan juga harus sering melakukan liputan, kemudian memproduksikan karya jurnalistiknya. Dengan seringnya proses itu dilakukan maka sangat bermanfaat ketika meliput dilapangan kedepan," ujarnya.

Dalam materinya ia menjelaskan, untuk memperoleh gambar video terbaik, tentunya haruslah menguasi ilmu dan teknik-teknik dasar pengambilan gambar.

Lanjutnya, keahlian jurnalistik itu bisa didapat ketika seseorang mempunyai jiwa kepekaan terhadap suatu hal yang terjadi disekitarnya.

“Jika ia mempunyai kepekaan terhadap kejadian disekitar, maka sebagai seorang jurnalis itu harus mengolahnya menjadi sebuah berita seperti video jurnalistik,” sebutnya.

Selain itu, Davi menyebutkan kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan untuk membina generasi penerus dalam mengembangkan dan mengolah serta menginformasikan sebuah peristiwa menjadi suatu karya jurnalistik.

“Kalau saja Klinik Jurnalistik ini menjadi bagian dari mata kuliah tentunya sangat bagus dan penting, karena ada gabungan antara teori dan praktek artinya klinik jurnalistik ini adalah salahsatu pendukung untuk menambah referensi ilmu jurnalistik,” terangnya.

Sementara itu, salahsatu peserta Klinik Jurnalistik, Chandra Winanda mengungkapkan bahwa materi seperti ini telah membuka wawasannya terkait teknik pengambilan gambar yang benar.

“Sebelumnya saya sudah tahu sedikit materi tentang pengambilan gambar, akan tetapi ketika penjelasan tadi itu memang sangat dalam materinya, jadi saya jadi tahu bagaimana seharusnya mengambil gambar yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai jurnalistik televisi,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan program dari Klinik Jurnalistik Prodi KPI UIN Ar-Raniry dan diikuti sebanyak 50 peserta dari kalangan mahasiswa se-Universitas yang ada di Banda Aceh.

Pelatihan tersebut dipantau langsung oleh Dekan FDK, Dr Fakhri juga didampingi Arif Ramdan, Dosen KPI yang merupakan Wartawan Senior.

Program Klinik Jurnalistik tersebut juga bekerjasama dengan beberapa media ternama diantaranya LKBN Antara Biro Aceh, Serambi Indonesia, Kompas Tv, Acehsatu.com, Wasatha.com, Sumberpost.com, Radio Komunitas Assalam 107,9 Fm. []

No comments