Unik, Sensasi Kelezatan Mie Bakso Dalam Batok Kelapa Muda

Share:


Laporan: Helena Sari

WASATHA.COM, Aceh Barat - Suasana teduh sawah kian terasa disepanjang lintasan jalan Letnan Mubin Gampong Darat kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat. Tampak pula puluhan kendaraan terparkir rapi dikiri dan kanan di Café tepi sawah.

Jika dilihat lebih dekat, tepat didepan Café terlihat seorang pemuda sibuk mengupas kelapa muda dengan menggunakan parang andalannya lalu memisahkan airnya ke suatu wadah dan membiarkan daging kelapa tanpa dikeruk.

Tampak pula pekerja lainnya membawa beberapa batok kelapa yang sudah dikupas kedapur untuk menyajikan bakso dengan gaya berbeda, jajanan unik yang kini viral dikalangan masyarakat.



Bakso memang menjadi sajian penggoda bagi siapa saja sehingga banyak pengusaha yang mengembangkan ide kreatifnya dalam menciptkan sensasi unik tersendiri bagi pecinta bola-bola daging.

Berbagai bakso telah diciptakan seperti bakso granat, bakso beranak, bakso bakar, serta bakso mercon dan kali ini saya akan membawa anda menagenal sajian unik mie bakso yang disandingkan dengan daging kelapa muda yang menggugah selera.

Bakso kelapa muda merupakan sajian inovasi baru yang ada di Aceh Barat, dikenalkan oleh Edi Saputra atau lebih akrab dipanggil Abi Sultan dan mulai banyak dikunjungi oleh pengunjung yang penasaran dengan sensasi rasa bakso kelapa muda sejak hari pertama dibuka.

Bakso kelapa muda disajikan seperti bakso pada umumnya, anda tak perlu khawatir dengan rasa manis sebab bakso kelapa muda tidak dicampur dengan air kelapa melainkan kuah kaldu yang dihasilkan dari tulang sapi.

Bakso ini disajikan dengan dua pilihan mie yaitu mie kuning dan bihun, lalu dilengkapi dengan potongan kikil serta taburan bawang goreng, irisan daun seledri dan tiga nata de coco sebagai pemanisnya.


Ide sajian bakso dalam kelapa muda bermula dari kecintaan Abi Sultan dibidang kuliner, suatu hari ketika menyantap mie buatannya didepan rumah ditemani dengan kelapa muda lalu muncullah ide untuk memasukkan mie yang dibuatnya kedalam kelapa.

Alhasil ketika mencicipi mie beserta daging kelapa muda cita rasa gurih menjadi dua kali lipat.

Dengan dibantu istri beserta sepuluh karyawannya, Abi Sultan akhirnya membuka usaha bakso kelapa muda pada awal bulan April 2019.

“Paduan mie bakso dengan pilihan kelapa muda yang tepat akan menghasilkan rasa unik tapi tidak asing dilidah,” ujar Abi Sultan ketika ditemui Wasatha.com disela-sela kesibukannya.

Abi Sultan mengaku perharinya ia bisa menghabiskan sebanyak 500 kelapa muda yang dijadikaan sebagai mangkuk pengganti dalam menyajikan bakso, wajar saja jika kita tidak bisa berlama-lama duduk karena banyak pengunjung yang harus mengantri untuk bergantian, sebab kafe bakso kelapa tidak pernah sepi dari pengunjung.

Untuk seporsi, Abi Sultan menawarkan harga hanya Rp15 ribu saja, lengkap dengan air kelapa yang sudah ditambahkan dengan sirup sehingga bisa menetralisir rasa sesudah menyantap mie bakso.

Sajian bakso ini banyak dikunjungi oleh masyarakat, karena saat ini di Aceh hanya kabupaten Aceh Barat saja yang baru menyediakan sajian unik seperti bakso kelapa muda itu.

Sulaiman, salahsatu pengunjung mengaku sudah dua kali datang ke café ‘Teupi sawa’ untuk mencicipi bakso kelapa muda.

Ia mengaku banyak teman-temannya yang menyukai, dan harganya juga sudah relatif murah.

“Pertama unik kedua menarik, dan di Aceh baru disini (terdapat) jadi saya tidak ingin melewatkan moment untuk memburu jajanan seperti ini,” ujarnya.

Nah bagaimana dengan anda pecinta bakso? Akankah sajian bakso dalam mangkuk berbeda akan menjadi daftar incaran anda?. []

No comments