LRT Jakarta, Transportasi Baru Menuju Indonesia Maju

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH -Transportasi pada hakikatnya ialah bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang memiliki peran penting dalam melakukan perindahan dan pergerakan dari satu tempat ke tempat yang lain.  

Sebagai sarana yang untuk memperlancar roda  perekonomian Indonesia, memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mempengaruhi semua aspek kehidupan. Tentunya, diperlukan transportasi yang baik dan mumpuni agar terselenggarakannya maksud di atas dengan baik.

Pemerintah Indonesia sudah melakukan banyak usaha dan strategi yang telah diterapkan untuk mengatasi kebutuhan akan trasnsportasi. Diantaranya dengan kehadiran MRT,BRT,ERP, Toll, E-Parkir dan LRT dan lain sebagainya. 

Namun, di era yang modern ini, masyarakat tidak sekedar memerlukan penyiadaan sarana dan prasarana secara massal tetapi juga kualitas dari sarana dan prasarana  yang disediakan. Kualitas yang diinginkan masyarakat ini yaitu, tentang bagaimana sarana dan prasarana memberikan kenyamanan dan ketenangan  serta efesiensi pada masyarakat, bukan hanya sekedar pada mengantarkan penumpang pada tempat tujuannya.

sumber : Instagram @lrtjkt
Kehadiran LRT Jakarta menjadi salah satu kunci menuju untuk Indonesia untuk lebih maju selangkah. Dilihat dari segi kualitas perjalanannya, Light Rail Transit (LRT) Jakarta merupakan salah satu sarana yang dapat dipertimbangkan kehadirannya dalam kebutuhan masyarakat akan transportasi. LRT adalah salah satu transportasi massal yang berbasis rel dalam mengangkut penumpang atau barang.

Penerapan sarana LRT ini banyak diterapkan oleh berbagai negara maju di dunia, karena dianggap sebagai sarana yang paling baik dalam memenuhi pergerakan massal tiap Negara tersebut. Pemerintah Indonesia sendiri sudah mulai menerapkannya pada tahun ini.  LRT Jakarta ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi polusi dan kemacetan khususnya di Ibukota.


Sumber : Instagram @lrtjkt
Suasana dan ekperssi penumpang saat uji coba opersional LRTJ

LRT Jakarta sudah mengadakan uji coba operasional LRT pada tanggal 15 Agustus-14 September 2018.  Hasilnya 100 persen penumpang puas dengan fasilitas LRT. Jumlah penumpang yang beruntung bermanja ria dengan LRT Jakarta sebanyak 11.070 orang.

sumber : Instagram @lrtjkt
Keceriaan penumpang dalam LRTJ pada saat uji coba operasional LRTJ

Depo LRT Jakarta berlokasi di  pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Fungsi Depo LRT adalah sebagai tempat untuk penyimpanan, pemeriksaan dan perawatan LRT Jakarta. Depo LRT ini diibaratkan Rumah sekaligus Rumah Sakit untuk LRT Jakarta.


Sebagai sarana transportasi yang ramah lingkungan, LRT Jakarta berkomitmen menjadikan area Depo LRT memiliki ruang terbuka hijau (RTH) dan jalur teduh dengan pepohonan.  Hal ini juga dibuktikan dengan adanya gerakan menanam seribu pohon yang didalan  dalam kegiatan forum media bulanan  Kongkow : Kompak Bareng Komunitas Wartawan yang kedua.
Sumber : Instagram @lrtjkt

Dalam kegiatan tersebut, LRT Jakarta mengangkat tema “ Seribu Beton Sejuta Pohon” yang selaras dengan momen Hari Gerakan satu Juta Pohon pada tanggal 10 Januari 2019.

Penanaman pohon telah dilakukan  di area Gedung MCC Depo LRT Kelapa Gading Jakarta Utara sebagai insiatif dari anak usaha Jakpro yaitu PT LRT Jakarta.

Kedepan nantinya LRT Jakarta Juga akan berintergrasi dengan 2 moda lainnya yaitu MRT dan Transjakarta . Intergrasi ketiga moda trasnportasi ini diharapkan mampu mengurangi polusi udara di ibu kota. Ini karena adanya perubahan kebiasaan warga ibu kota dari kendaraan pribadi menuju ke kendaraan umum.

Nah, untuk pengetahuan pembaca LRT Jakarta ini memiliki fasilitas dan pelayanan tersendiri yang akan memanjakan penumpangnya dengan segala kelincahannya dan keramahtamahannya. Berikut ulasannya
  1. LRT Jakarta menargetkan 14.255 penumpang dalam sehari, dan sekali jalan, beroperasi di waktu-waktu yang tidak sibuk itu, 1 rangkaian atau 2 kereta kapasitasnya bisa sekitar 270 orang setiap trainsetnya. Dengan komposisi orang yang berdiri santai atau tidak  berdesak-desakan. Target perjalanan 150 kali perjalanan. Namun antara hari kerja dengan akhir pekan berbeda. Akhir pekan mungkin lebih banyak tripnya.
    sumber ; Instagram @lrtjkt
  2. Fasilitas yang ditawarkan LRT merupakan fasilitas kelas dunia. Fasilitas tersebut tentunya untuk menunjang keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang, seperti : Tombol  Passenger Emergency Intercom (PEI),  Platform Screen Dorrs ( PSD), CCTV, alat pemadam api, Katup Pintu Darurat, Layar Passenger Informaton Display (PID), area pengguna prioritas (berkursi Roda) dan berbagai fasiltas penunjang lainnya.
    sumber : Instagram @lrtjkt
  3. Kondisi setiap stasiun LRT Jakarta bersih sekali dan nyaman. Para penumpang tidak perlu mengkhawatirkan kondisi stasiun LRT karena sudah terjamin bersih dan nyaman serta dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya :Retail Area, Ruang Ibadah (Mushalla), Ruang Menyusui, Toilet, Pos Kesehatan, Passennger Information Display, Elevator/Lift, dan Eskalator.
    sumber : nstagram @lrtjkt
  4. Untuk para penyandang disabilitas pihak LRT juga menyediakan fasilitas khusus, seperti : Guiding Block, Toilet Disabilitas dan Elevator untuk penumpang Prioritas.
  5. Keamanan setiap stasiun juga dilengkapi dengan cctv 24 jam. Petugas LRT akan memberikan pelayanan terbaik untuk setiap keluhan penumpang. Ditambah lagi dengan adanya fitur Passenger Help Point di tiap stasiun yang memungkinan penumpang menghubungi petugas ketika situasi darurat.
  6. Di desain secara aeordinamis, LRT Jakarta mirip mobil balap yang melesat lincah dengan cepat tanpa terhambat oleh angin, dengan kecepatan maksimum 90 km/jam. Dilengkapi dengan warna merah dan putih pada badan LRT Jakarta secara tidak langsung menjadi simbolik bendera Indonesia, serta sayap yang berlatar emas sebagai simbolik Garuda, lambang negara kita.
    Sumber : Instagram @lrtjk
  7. Kenyamanan dan kelincahan yang dihadirkan LRT Jakarta merupakan perwujudan dari semboyan LRT Jakarta sendiri “ Moving People Connecting Communities”. Yaitu menyediakan transportasi yang ramah lingkungan  dan terpercaya yang mampu memberikan pelayanan yang memudahkan warga ibu kota untuk melakukan perjalanan dalam waktu singkat dengan tetap merasa nyaman dan santai.
    sumber : Instagram @lrtjkt
    Ekspresi penumpang yang memberikan jempol untuk kenyamanan LRT Jakarta
  8. Menariknya, LRT Jakarta sebagai operator kereta api yang memiliki masinis wanita pertama di Indonesia. Hal ini dikarenakan LRT Jakarta telah memperkerjakan enam masinis  wanita yang bersertifikat ASP (Awak Sarana Perkeretaapian) Tingkat Muda.  Jumlah yang cukup signifikan karena total masinis yang dimiliki LRT Jakarta adalah 25 orang.
    sumber : Instagram @lrtjkt
    Seorang petugas LRT Jakarta sednag melayani penumpang LRTJ


  9. Tenaga kerja yang direkrut LRT Jakrta merupakan kaum millineal  yang dipandang sebagai generasi muda yang harus jadi tulang punggung pembangunan kemajuaan transportasi nasional. Tak hanya itu, pelatihan berkelanjutan juga diberikan agar SDM pekrjanya makin optimal.

Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono mengatakan bahwa PT LRT Jakarta juga bekerja sama dengan PT Transjakarta dalam pelatihan para SDM Millenial.

“Kami rekrut lini pelayanan SDM yang berpengalaman di bidang Hospitally seperti perhotelan. Kami ingin hadirkan pelayanan dengan hati yang akan menjadi image positif bagi pelanggan LRT Jakarta,” Ujar Allan.

Tak perlu ragu untuk menaiki LRT Jakarta karena sarana Transportasi ini siap beroperasi dengan segala perizinan yang telah dikantongi. Karyawan Operasi dan Perawatan PT LRT Jakarta juga sudah mengantongi Sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang diterbitkan Oleh Kementrian Perhubungan.

Selain itu, Dokumen Standar Operasional Prosedur (Sop) PEngoperasian LRT Jakarta telah disetuji dan ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan.

Tujuan akhir dari LRT Jakarta adalah memberikan pelayanan yang aman dan nyaman serta memanjakan penumpang dengan segala fasilistas yang disediakannya. Dengan adanya LRT Jakarta diharapkan produktivitas kerja akan meningkat dan kehangatan relasi akan semakin tercipta.
Sumber : Instagram @lrtjkt

Ayo naik LRT Jakarta. Manjakan diri dengan pelayanan dan fasilitasnya.  Jangan lupa patuhi semua aturan-aturan penggunaan fasilitas agar tetap terjaga hingga anak cucu kita. 

Mari menjadi warga Indonesia yang berkontribusi positif untuk mewujudkan Indonesa menjadi negara maju dengan peradaban baru tidak hanya sekedar wacana. Semoga![Yuliana]

sumber :
Instagram @lrtjkt
liputan6.com
kompas.com

No comments