Ingin Tidur Berkualitas? Lakukan Amalan Ini

Share:


 
WASATHA.COM, BANDA Aceh - Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia yang berperan penting dalam meningkatkan stabilitas daya tahan tubuh. Manfaat tidur dapat dirasakan secara optimal apabila tidur memiliki kualitas dan kuantitas yang baik. Kekurangan tidur juga dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan serta emosional pada manusia, rata- rata manusia yang telah berumur sekitar 16 tahun keatas memiliki permasalahan dalam tidur, seperti kualitas tidur yang kurang nyenyak serta kuantitas nya kurang dari delapan jam.

Banyak problematika yang kita dapatkan dalam kehidupan sehari- hari menjadikankita sulit tidur  di malam hari,  kelebihan tidur di siang hari sehingga membuat mata tetap terjaga di malam hari, dan mengonsumsi kafein menjelang tidur. 

Pengaturan untuk jadwal tidur sangat penting untuk di perhatikan karena bisa berdampak pada kegiatan keseharian kita, seperti bergadang di malam hari membuat kita harus tidur hingga siang hari, itu semua kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan kuantitas tidur kita selama delapan jam. Karna pada hakikat nya kita harus memiliki tidur yang cukup kualiatas dan kuantitas nya.

Wudhu merupakan salah satu bentuk terapi yang dapat meningkatkan fungsi neurologis. Air wudhu yang digunakan, dapat bermanfaat dalam mendinginkan ujung syaraf jari tangan dan kaki yang akan memberikan manfaat dalam memantapkan kosentrasi dan membuat tubuh menjadi rileks. Saat melakukan gerakan wudhu akan memberikan efek massage pada anggota tubuh yang dibasuh, efek massage dapat mendorong hormone endorphin dan memberikan rasa nyaman pada tubuh.

Selain itu, wudhu dapat menjadi relaksasi pada tubuh sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti hal nya dengan music relaksasi yang sebagian orang dengarkan jika mereka sulit tidur. Karena relaksasi dapat membuat otak kita yang sedang berkerja menjadi rileks dan akhirnya tertidur. 

Islam juga  menganjurkan untuk berwudhu sebelum tidur, seperti sabda Rasulullah SAW:
“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'”.
(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.).

Analisis kaitan dengan ilmu kesehatan nya maka kaintannya disini ialah kita tidur setelah kita bertawakkal kepada Allah karena hidup dan mati di tangan Allah maka apabila seandainya kita tidak terbanngun lagi maka kita telah bersuci (berwudhu) dan meninggalpun dalam keaadaan suci, perasaan tawakkal ini lah yang membuat kita menjadi tenang sehingga otak kita rileks dan membuat tidur menjadi nyenyak karena kita telah menyerahkan semua nya kepada Allah SWT.

Dalam jurnal kedokteran dan kesehatan Mutiara Medika pada efektivitas terapi wudhu menjelang tidur terhadap kualitas tidur remaja, menyimpulkan bahwa wudhu menjelang tidur terbukti secara efektif dapat meningkatkan kualitas tidur. jadi wudhu itu enggak hanya di lakukan sebelum shalat saja karena begitu banyak manfaat berwudhu dalam kehidupan sehari- hari salah satu nya adalah memperbaiki kualitas tidur. [Ayu Darani Rizki]

No comments