Boh Rom Rom Sajian Sederhana Sambut Bulan Istimewa

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Ramadhan sudah di depan mata, tinggal menunggu dia tiba saja mengetuk pintu lalu bertemu. Tentunya, banyak sekali kegiatan religi  yang dipersiapkan, dan tidak terkecuali dikalangan ibu-ibu mempersiapkan menu berbuka dan sahur. Salah satu menu andalan khas bulan Ramadhan bagi masyarakat Aceh ialah boh rom rom. 

Nah, boh rom rom ini bisa dikatakan sebagai bintangnya menu berbuka  di bulan Ramadhan. Hampir semua kalangan wanita mahir membuat ini, khususnya wanita Aceh. Berbuka rasanya tak lengkap apabila boh rom rom tidak ada. Rasanya yang gurih dan manis sudah pasti menjadi awal yang nikmat untuk berbuka. 

Sajian boh rom rom ini sudah seperti sebuah kewajiban di meja hidangan. Apalagi menu yang satu ini, disukai oleh semua kalangan baik yang muda maupun yang tua, yang wanita maupun pria. 

Boh rom rom merupakan kue basah yang bahan utamanya  dari tepung ketan. Proses pembuatannya pun sangat mudah sekali. Hanya mencampurkan tepung ketan dengan sedikit air hangat dan sedikit garam, beri sedikit pewarna hijau agar lebih menarik. Kemudian aduk hingga kalis agar mudah bentuk. 

Kemudian bentuk adonan sesuai selera, ada yang bentuknya bulat dan ada juga yang bulat panjang.  Lalu isi di dalamnya dengan gula pasir atau gula merah. Enaknya sih dengan gula merah karena lebih manis. 

Langkah selanjutnya, adonan direbus dalam air mendidih, tunggu hingga masak. Lalu disaring dan di campur dengan kelapa parut. (Tips : Kelapa parut sebaiknya dikukus terlebih dahulu agar tidak mudah basi). Dan boh rom rom siap disajidkan. Mudah sekali bukan. Sangat nikmat dimakan ketika hangat.  

Uniknya, boh rom rom ini hanya banyak bermunculan pada saat Ramadhan saja lho. Bulan-bulan biasa sangat jarang sekali kita melihat orang yang membuat ataupun menjualnya. Tetapi, begitu ramadhan boh rom rom ini sudah menjadi pembicaraan hangat dan banyak sekali ditemukan di rumah-rumah dan di lapak-lapak  mereka yang berjualan takjil pada sore hari

Bagi orang Aceh, makanan satu ini juga kerap disebut boeh muncrot. Alasannya, ketika kita menggigitnya,  gula merah yang di dalam muncrat keluar. Jadi baiknya, tidak usah menggigit setengah tetapi langsung memasukan ke dalam mulut. 

Makan Boh muncrot ini memiliki sensasi sendiri bagi penikmatnya. Ingin mencobanya? Mudah saja jadikan boh rom rom ini sajian sederhana dibulan istimewa. [Yuliana]



No comments