3 Pekerjaan Menjanjikan Mahasiswa Berpenghasilan

Share:



WASATHA.COM, BANDA ACEH -Zaman yang serba canggih ini bukan hal yang tidak mungkin bagi seorang pelajar untuk memiliki penghasilan. Khususnya bagi mahasiswa yang ingin memiliki uang jajan tambahan. Karena banyak problematika yang dirasakan oleh mahasiswa dalam hal keuangan, seperti merasa segan untuk meminta uang jajan kepada orangtua, dan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Menjadi seorang mahasiswa juga dituntut agar menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seorang mahasiswa, kamu dapat memilih beberapa pekerjaan alternative yang dapat kamu lakukan untuk menambah penghasilan yang tidak butuh modal besar dan bisa saja nol budget. Pekerjaan nol budget adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan modal, akan tetapi kamu hanya butuh niat dan tekad yang kuat untuk merealisasikan kreativitas tanpa batas.

Berikut adalah 3 pekerjaan yang dapat kamu lakukan untuk menambah penghasilan tanpa mengeluarkan modal

1.      Bisnis Online (Jasa dan Barang)
Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan bagi setiap orang untuk membangun bisnis secara online, hanya dengan modal kouta kita dapat membuat pasar secara online, para milenial juga memilih pasar online untuk berbelanja, belajar, dan tempat untuk mencari berbagai informasi. Terdapat beberapa bisnis online contohnya seperti jual beli atau dikenal dengan online shop, dan bisnis yang menggunakan jasa seperti jasa penitipan barang, jasa translater, jasa privat, dan masih banyak lagi yang dapat kita kembangkan sesuai dengan keahlian yang kita miliki.

Jadi, tunggu apa lagi. Siapa pun dapat menjalankan bisnis ini sesuai dengan apa yang diinginkannya.

2.      Menulis
Menulis adalah pekerjaan yang sering dilakukan oleh pelajar, namun kegiatan menulis ini tanpa kita sadari juga dapat menghasilkan. Jika biasanya kita hanya menulis untuk diri sendiri, namun kali ini cobalah hal yang baru seperti menulis hal-hal yang bermanfaat dan juga dapat menghasilkan. Contohnya seperti menulis artikel-artikel bebas yang dapat di muat di internet, seperti blog, majalah dan koran. Mulailah menulis tentang lingkungan sekitar untuk mengasah kemampuan diri.
Kegiatan menulis ini tidak akan banyak mengeluarkan modal, bahkan tidak sama sekali. Yang dibutuhkan adalah pengetahuan dan ke kreativitasan dalam menulis, seperti blogger dengan menulis apa yang di butuhkan oleh pembaca serta dapat menuliskan kisah hidup yang inspiratif dari pengalaman hidup kita sendiri.

3.      Preloved atau menjual barang-barang bekas
Pekerjaan ini tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena yang di butuhkan hanyalah tempat dan barang yang akan dijual. Karena yang dikumpulkan hanyalah barang-barang bekas yang tidak terpakai namun dapat berguna bagi orang lain.  Misalnya seperti pakaian yang telah kita beli tetapi pakaian tersebut tidak terpakai maka pakaian yang seperti inilah yang akan kita jual kembali. Namun, tidak hanya berlaku untuk pakaian tetapi banyak barang-barang yang dapat kita jual seperti buku, majalah, komik, atau mainan-mainan yang sudah lama tersimpan dan masih bisa digunakan juga dapat kita preloved.

Jadi untuk melakukan bisnis seperti ini sama halnya dengan bisnis online. Karena jika tidak memiliki tempat, maka bisa menggunakan media online seperti social media. Untuk pekerjaan seperti ini juga tidak memerlukan keahlian yang sangat khusus karena pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja. [Izza Annura]



No comments