Tanjung Selamat Ikut Meriahkan Lomba Gampong Se-Aceh Besar

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh - Dalam rangka memeriahkan pagelaran Perlombaan Gampong Tingkat Kabupaten Aceh Besar, Gampong Tanjung Selamat memamerkan hasil inovasi dari masyarakat pada Pelaksanaan Penilaian Perlombaan Gampong di halaman Masjid Babul Maghfirah, Jumat (22/3/2019).

Beberapa produk dan karya yang dipamerkan diantaranya, kue bhoi (bolu), kue haluwa, kue hantaran pengantin khas aceh, rangkai bunga pengantin, rias pengantin, dan produk tradisional lainnya.

Dalam pegelaran tersebut juga diadakan Bazar serta dimeriahkan dengan pameran foto-foto kegiatan gampong dengan tajuk “Tanjung Selamat Dalam Gambar”.

Husaini Abdullah, Pj Keuchik Tanjung Selamat, dalam penyampaian sambutan mengatakan bahwa gampong yang dipimpinnya itu mempunyai potensi dan inovasi yang sangat membanggakan.

“Beberapa inovasi gampong yang telah jalan yaitu bisa kita lihat dari sektor pertanian yang memang sudah sangat berkembang dan penggemukan sapi dari Badan Usaha Milik Gampong (BUMG),” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan masyarakat Tanjung Selamat telah menjalankan berbagai program dalam upaya memperbaiki kualitas gampong dari segala sektor.

“Ada beberapa program yang sudah kami gagas dan jalankan seperti Rumah Hafal Alquran Mahasiswa, Santunan Anak Yatim, Grup Zikir (Dikee Aceh Nurul Maghfirah), Grup Pengajian Nurul Iman, Koperasi Wanita, dan Meureuno Harah Jawoe Bahasa Aceh dari Bale Tambeh TA Sakti serta berbagai program lainnya,” sebutnya didampingi Koordinator Acara, Wirzaini Usman.

Pada kesempatan yang sama, Bahrul Jamil M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Besar, mengatakan bahwa semua program dan kegiatan yang sudah dijalankan selama ini haruslah terus dirawat untuk keindahan dan kenyamanan dalam gampong.

“Semua program yang dijalankan jangan hanya bagus ketika ada perlombaan saja karena perlombaan itu sifatnya hanya sementara, tetapi haruslah terus dijaga sampai dengan seterusnya,” ujarnya.

Ia juga berharap agar setiap gampong yang ada di Aceh Besar bisa terus mengembangkan berbagai program dalam segala lini.

Saat ini Tanjung Selamat mempunyai Situs Cagar Budaya dan memiliki 4.427 jiwa penduduk yang terdiri dari empat dusun definitif, yakni Dusun Cot Jambee, Dusun Lampoh Goung, Dusun Lampong Jantong dan Dusun Popeh serta ditambah satu dusun persiapan, yaitu Dusun Tgk Diblang. []

No comments