Akmal Hanif: Tanah Gayo Miliki Banyak Potensi untuk Menambah Penghasilan

Share:
H Akmal Hanif Lc, Direktur Elhanief Group bersama Melli Saputri (wartawan wasatha.com), Aceh Tengah (9/2/2019)


WASATHA.COM, TAKENGON - Dataran tinggi Gayo merupakan daerah yang sangat bagus dan indah dari segi produksi perkebunan juga alamnya yang begitu menawan dan wisatanya  sangat menarik, sehingga memiliki banyak potensi untuk menambah penghasilan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh H Akmal Hanif Lc, Direktur Elhanief Group, saat diwawancarai wasatha.com di Masjid Kebayakan, Aceh Tengah, Sabtu (9/2/2019).

"Dataran Tinggi Gayo sangat subur dan produktif untuk tanaman. Ini sangat bagus dan jika dikelola dengan maksimal, tentunya akan memberikan penghasilan lebih untuk masyarakatnya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, masyarakat Gayo selama ini memiliki semangat dan sangat gigih dalam usaha berkebun.

Daerah ini tidak hanya sebagai daerah perkebunan, tetapi juga sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit di Aceh.

“Misalnya saja, Danau Lut Tawar yang memiliki keindahan begitu menawan. Dan itu prospek yang bagus untuk dijadikan tempat wisata nasional yang berkelas,”katanya.

Selain perkebunan dan wisata, Gayo juga merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di tingkat internasional.

Akmal menceritakan pengalamannya ketika melihat produk kopi Gayo saat pergi ke luar negeri.

"Saat saya ke Belanda, saya melihat disitu Gayo Coffe tertulis dan baru saya tau ternyata Kopi Gayo ini memang produk internasional, mungkin disini terbatas sekali informasi ataupun jaringan kita untuk keluar (ekspor), hanya beberapa pengusaha saja yang memiliki  jaringan ekspor keluar. Tetapi jika masyarakatnya sendiri tahu caranya, mungkin mereka akan mendapat penghasilan yang lebih," ujarnya.

Akmal Hanif juga mengatakan, sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan segala hasil alam dari Tanoh Gayo tersebut, tetapi terkadang kita tidak memaksimalkannnya dengan baik. [MELLI SAPUTRI]

No comments