Warga Dayah Caleue Gelar Kenduri Maulid

Share:

Group Dalail Pemuda Dayah Caleue  (Foto : Mabrur)

WASATHA.COM, PIDIE - Dalam rangka memperingati momentum Maulid Nabi, Masyarakat Gampong Dayah Caleue, Kecamatan Indrajaya, Pidie, menggelar kegiatan Kenduri Maulid di halaman Meunasah setempat, Sabtu (19/1/2019).

Acara ini merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan masyarakat kepada Rasulullah saw, dengan menyelenggarakan maulid yang sudah menjadi tradisi ummat islam.

Masyarakat rutin menyelengarakan acara ini setiap tahunnya.

Menurut keterangan dari Ketua Pemuda gampong tersebut, Erwin mengatakan bahwa persiapan untuk menggelar kegiatan ini sudah kita lakukan jauh hari sebelumnya.

“Pemuda sangat bersemangat dan kompak dalam upaya menyukseskan acara kenduri maulid ini,” terangnya.

Keuchik Gampong Dayah Caleue, Tgk Muhammad Zaini mengatakan, kegiatan seperti ini perlu dilkakukan dan diselenggarakan untuk menjaga ukhwah Islamiah ummat muslim, khususnya masyarakat Dayah Caleue.

“Ini merupakan salah satu syiar, jadi sebagai umat Islam kita harus menghidupkan syiar ini dan atas dasar itu mungkin acara seperti ini perlu kita tingkatkan lagi untuk mempererat persaudaraan warga gampong,” jelasnya.



Berbagai hiasan ornament seperti layang-layang dengan beragam corak warna juga memenuhi langit-langit seputaran jalan dan meunasah gampong tersebut.

Tgk Muhammad Zaini juga berterimakasih terhadap kekompakan semua elemen masyarakat yang telah bekerja dalam menyukseskan acara kenduri maulid tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi sikap dan kinerja dari para pemuda Gampong Dayah Caleue, karena bagaimanapun acara ini bisa berjalan sukses berkat kerjasama dan kekompakan. Kalau tidak kompak, saya masih ragu kegiatan ini bisa berhasil,” ujarnya.

 Hal yang sama juga diungkapkan oleh Rahmat Fazila, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI), semua kerja keras para pemuda serta masyarakat terlihat dari suksesnya kegiatan yang dilaksanakan.

“Selain tradisi, acara ini kita selenggarakan untuk mengikat tali silaturrahmi dengan masyarakat gampong sendiri serta juga masyarakat gampong tetangga,” katanya.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Group Dzikir Dayah Hajjah Maryam serta Group Dalail Pemuda Dayah Caleue. [Mabrur]




No comments