UKM Pa-lah Gainpala Gelar Seminar Hari Lingkungan Hidup 2017

Share:

Foto : wasatha.com/Yuly
WASATHA.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pa-lah Gainpala UIN Ar-Raniry menggelar Seminar Nasional Hari Lingkungan Hidup 2017.

Acara diadakan atas kerja antara UKM Pa-lah Gainpala UIN Ar-Raniry dengan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh, dengan tema “Alam Tak Pernah Kotor Tanpa Ulah Manusia” berlangsung di Gedung Museum UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (10/06/2017).

Turut hadir beberapa pemateri dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Muhammad Nur, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rikky, dan Wartawan Lingkungan Hidup Junaidi. Serta beberapa delegasi dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa (SEMA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Mapala se-Aceh.

Rikky pemateri pertama memaparkan, Setengah dari Al-Qur’an menjelaskan tentang lingkungan hidup. Itu tergantung dari kita bagaimana cara setiap individu menjaganya, jika baik maka baiklah hasilnya begitu juga sebaliknya.

“Menjaga lingkungan sudah terdapat di dalam Al-Qur’an dalam surah Al-anbiya: 3, surah Al-Fathir: 39, surah Ar-Ruum: 41, Setengah dari Al-Qur’an menjelaskan tentang lingkungan hidup. Kita cuman memanfaatkan tanpa menjaganya, jika kita berbuat baik maka baik pula hasilnya. Tapi, jika buruk yang kita perbuat maka buruklah hasilnya,” ujar Rikky.

Muhammad Nur sebagai pemateri kedua menjelaskan tentang persoalan lingkungan hidup dan hak konstribusi.

“Terdapat dalam Pasal 28 H UUD 1945, dan UUD NOMOR 32 tahun 2009 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup,” pungkas Nur

Selain itu, Junaidi selaku wartawan lingkungan hidup menjelaskan pentingnya menjaga lingkungan, melalui dokumen atau foto-foto kerusakan hutan yang di sebabkan oleh ulah manusia. [Yuli | Vonna]/Dhi