Ramadhan! Perbanyak Interaksi Dengan Al-Qur’an

Share:
Foto : wasatha.com/Dhi
RAMADHAN adalah bulan fitrah bulan yang diciptakan secara special bagi umat islam dalam hal beribadah. Sebelum menjumpai bulan ramadhan masih ada bulan Rajab dan Sya’ban dimana tiga bulan ini adalah bulan yang diciptakan penuh dengan rahmat.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya rajab itu bulannya Allah dan Sya’ban bulan Ku dan ramadhan bulan umat Ku”

Dalam hadis diatas jelas disebutkan bahwa bulan ramadhan adalah bulan bagi umat islam untuk beribadah. Dalam bulan ramadhan ini berbanyak untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an karena kita umat muslim di anjurkan untuk berinteraksi dengan AL-Qur’an baik sendiri maupun bersama-sama.

Karena berinteraksi dengan Al-Qur’an tidak hanya berbekas di dunia. Rasulullah SAW bersabda “pada hari kiamat akan di datangkan Al-Qur’an dan para ahlinya yang ketika di dunia mengamalkanya. mereka di dahului oleh surat Al-Baqarah dan Ali Imran keduanya membela orang-orang yang membaca dan mengamalkanya”.

Di bulan ramadhan ini kita di minta oleh Rasulullah untuk berpuasa dengan istisabah,maksut istisabah adalah penuh perhitungan ,kita harus menghitung karena bulan ini adalah bulan yang umat muslim banyak mendapatkan bonus.

Kita semua sudah mengetahui bahwa membaca Al-Quan mendapatkan pahala,satu huruf akan di berikan pahala oleh Allah 10,tapi khusus untuk bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah menjadi 70 kaliganda.

Menurut penelitian  Imam An-Nasafi yang di catat dalam kitab Majmu Al-Ulum  Wa Mathli’u An-Nujum Al-futuhuat Al-ilahiyah Al-Qura’an terdiri dari 30 jus, 114 surat, 6.236 ayat dan 1.027.000 huruf. jadi ketika kita mengkhatam Al-qur’an  sekali sahaja, maka kita akan mendapatkan pahala 1.027.000 x 700 = 718.900.000 dan di kutip Imam Ibn Arabi dalam mukaddimah.

Maka dari itu untuk memperoleh pahala yang begitu banyak, marilah berbanyak berinteraksi dengan Al-Qu’an dalam bulan suci Ramadhan.[Febi Julita]/Dhi