Tidak Ada Lahan Untuk Berkebun Dirumah? Ini Solusinya!

Share:
Foto Google

BERKEBUN merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk sebagian orang yang peduli akan lingkungan. Namun, di zaman yang semakin maju ini banyak masyarakat yang kurang berminat berkebun, apalagi dengan faktor kurangnya lahan dan waktu perawatannya yang memakan waktu, pastinya akan sangat sulit untuk merawat sayuran yang harus disiram pagi dan petang. Sekarang, anda tidak perlu khawatir karena ada solusinya.

Inovasi sistem tanam Hidroponik, memiliki tujuan dari untuk memudahkan para ibu rumah tangga yang tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam sayur, kejadian ini biasa terjadi di kawasan-kawasan perkotaan, selain keuntungan menghemat tempat, sistem hidroponik ini juga menghemat air dan tidak melakukan penyiraman berulang ulang. 

Untuk membuat tanam hidroponik ini memang agak sedikit merogoh kocek karena dengan pembelian pipa khusus dan mesin hidroponik sendiri, yang memakan biaya hampir 3 jutaan namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat mengganti pipa dengan botol plastic bekas yang berukuran 1,5 liter. Setidaknya, dapat menghemat biaya sampai satu jutaan.

Dengan menggunakan sistem ini sayuran juga akan lebih bersih dan terjaga nutrisi nya, dengan jangka panen yang sama dengan  menggunakan lahan tanah.

Dengan modal yang besar pemanfaatannya jauh lebih maksimal, sejauh ini sudah banyak dari kalangan masyarakat yang ingin memulai sistem tanam ini. Bukan hanya dari kalangan ibu rumah tangga yang tidak mempunyai lahan dirumahnya, namun petani juga ingin melakukan sistem tanam ini. [Yuli Santi]/Tek

Baca Juga:

Selain Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Lain Mahkota Dewa