Pisang Tongka Langit, Ambon Asli punya barang

Share:
Foto: Wasatha.com/Indah

BERBAGAI macam tanaman sayur mayur di pamerkan pada Pameran Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) Ke-XV 2017 Aceh. diantaranya,pisang tongka langit yang di tampilkan dalam stand petani Maluku, Sabtu, (06/05/2017) di Stadiun Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh. 

Pisang tongka langit ini memiliki cara pertumbuhan buah yang berbeda dengan pisang lainnya, yaitu  buahnya tumbuh  menjulang ke atas langit bukan condong ke tanah seperti lazimnya pisang-pisang pada umumnya. pisang ini khusus berasal dari tanah Ambon.

“kalau lain Tanah Maluku dia tumbuh tapi tidak berbuah, ini dia tumbuh disemua Indonesia dia tumbuh, hanya tanah Ambon saja yang bisa berbuah”,Kata sarwan dan Taparasit, penjaga Stand Petani Maluku.

Pokok pisang ini dapat tumbuh dengan tinggi 5 -7 meterjumlah anak sampai 5-7 per rumpun, tumbuh dengan tandan buah menjulang ke atas sehingga buah ini banyak dilirik pengunjung.

Tak hanya unik, pisang tongka langit ini memiliki banyak khasiat diantaranya dapat mengobati diabetetes, kantong kemih, kaya akan kandungan B Karotine, sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

“Jadi Dia punye sangat  te beguna  bagi kepo  apalagi sakit sakit  diabetes, apalagi sakit lemak-lemak”, ujar Taparasit

Buah pisang ini akan terasa nikmat jika diolah dengan cara direbus atau dibakar. 

“ dia Cuma hanya bagus untuk di rebus apa lagi dibakar” ditusuk tusuk dengan lidi to yang bersih lantas ditusuk barus dibakar baru dimakan hangat-hangat”, ujarnya kembali.

Teknik Budidaya Pisang Tongka Langit ini dilakukan petani dengan cara Tradisional yaitu mengunakan anaknya. Dan biasa ditanam diperkarangan rumah.[inda silviana & sinar]/Rzk