Miniatur Pertanian Stand Aceh Tengah Meriahkan PENAS KTNA XV Aceh

Share:
Foto: Wasatha.com/Desi

WASATHA.COM - Dalam kegiatan Pekan Nasional  (PENAS) Petani-Nelayan ke-XV Aceh 2017, Stand Aceh Tengah ikut memeriahkan Acara dengan memamerkan miniatur keadaan petani gayo pada masa lalu di Stand lokal aceh,Seputaran Stadion Tunas Bangsa,Banda Aceh,Sabtu (06/05/2017).

Untuk memeriahkan acara pembangunan, pertenakan se-Aceh, salah Satu petani yang berasal dari Bener Meriah,aceh Tengah. Membuat  gambaran pertanian gayo masa dulu.

Air terjun berguna untuk menggerakkan kincir sehingga air itu sampai ke sawah para petani. ada juga yang menggunakan ternaknya untuk mengolah tanah. Selain itu bambu juga digunakan untuk mengolah padi. Jadi para  nelayan pada masa itu masih menggunakan alam untuk membuat alat-alat pertanian. gambaran keadaan petani gayo pada pada dulu. para petani masa dulu menggunakan alam untuk di jadikan teknologi tanpa mesin, menggunakan air terjun untuk menggerakkan kincir. Kemudian alat untuk mengolah padi juga masih sederhana menggunakan binatang ternak untuk mengolah tanah.

“rumah para petani terbuat dari daun dan ranting pohon yang telah di olah. Selain itu rumahnya memiliki dua tingkat agar terhindar dari binatang buas dan banjir ”,ujar Mursaha, Seorang petani asal Aceh tengah.

Tujuan dipamerkan miniatur pertanian ini ialah  agar generasi sekarang tahu bahwa orang tua pada zaman dahulu juga memiliki kreatifitas. dengan memanfaatkan alam untuk dijadikan alat sebelum adanya teknologi yang canggih seperti sekarang ini.[Desi Laila Sari]/Rzk

BACA JUGA:

Traktor Multiguna, Inovasi Terbaru Alat Kerja Pertanian

Teka Teki dibalik Nasi Uduk Aceh