Kenali Tiga Jenis Hati Yang Dilanda Was was

Share:

Foto:Google.com

BAGAIMANA yang dikatakan Wiswas? Apabila seseorang berdiri dalam shalat, setan berusaha memperdaya, menggoda berbagai godaan dalam hati orang yang sedang shalat.

Kadang-kadang setan itu mengingatkan manusia pada sesuatu yang telah dilupakan diluar shalat supaya hamba itu tidak dapat menghadapkan jiwanya kepada Allah, karena telah menerawang kesana kemari. Sehingga orang tersebut tidak berhasil mencapai keridhaan Allah SWT. 

Orang yang tidak hadir hatinya merasa berat sekali memanjang-manjangkan shalat. Sesungguhnya segala yang membimbangkan kita dari memahamkan makna yang kita baca telah dipandang wiswas. Mengetahui makna yang dibaca sangat penting, karena maknalah yang dimaksud bukan semata-mata hanya membaca lafal saja. 

Ada tiga jenis hati yang sering diganggu oleh setan dalam melaksanakan ibadah shalat.
Pertama, hati yang kosong dari iman dan kebajikan, hati yang gelap. Terhadap hati yang seperti ini, setan tidak berusaha apa-apa lagi, karena telah menjadi sarangnya.

Kedua, hati yang mempunyai penerangan iman, tetapi adapula padanya gangguan syahwat. Kedalam hati inilah setan memasukkan berbagai macam godaan, dan di dalam hati inilah terjadi peperangan antara iman dengan setan.

Ketiga, hati yang penuh iman, terang benderang, sedikit pun tidak ada kegelapan di dalamnya. Hati ini tidak dapat didekati setan.

jika wiswas yang dilakukan hanya sesekali dalam shalat tidaklah mengapa, sebab hanya mengurangi pahala saja, namun apabila wiswas tersebut berkelanjutan dalam shalat maka menurut Abu Abdillah ibn Hamid dan Abu Hamid Al Ghazali, mewajibkan kita mengulangi shalat.

Ada cara yang bisa diakukan untuk menghidari diri dari wiswas. Misalnya saja ketika shalat, maka kita harus memahami makna dari setiap bacaan shalat serta mengkhusyukkan diri dari segala pikiran dunia. (Farwida Nazar/Eva)

Sumber:  Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. Pedoman Shalat Edisi Lengkap. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.


***

Berkah Bisnisnya, Banyak Rezekinya | yuk! gabung di komunitas Paytren klik di Sini