Daun Kenikir Si Kembar Ganja Pencegah Kanker

Share:
Foto : Google
KENIKIR merupakan tanaman yang bisa dijadikan sayuran yang berasal dari Amerika Latin. Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya menyerupai daun ganja, bertangkai panjang, dan duduk daunnya berhadapan, dan daunnya menyirip menjadi 2-3 tangkai.

Tumbuhan kenikir ini sudah tersebar keseluruh daratan Indonesia namun, belum banyak orang yang mengetahui tentang adanya tanaman semacam ini. Tanaman ini dapat tumbuh subur pada iklim yang panas, karena tanaman kenikir ini memiliki pertumbuhan akar yang sangat cepat. sehingga dapat menemukan air dan unsur hara dengan cepat.

Orang-orang biasa menggunakan daun kenikir yang masih muda untuk dijadikan sayuran, ada yang dimakan mentah-mentah, dan direbus untuk dijadikan lalapan dan ada juga yang dijadikan sebagai campuran sayur. Tanaman kenikir ini bisa tumbuh dengan cepat karena sistem pengakarannya. sehingga setelah pucuknya dipetik tunasnya pun akan tumbuh dengan cepat.

Ada banyak manfaat dari tumbuhan ini, misalnya dapat digunakan untuk penyedap dan merangsang nafsu makan, memperbaiki peredaran darah, menguatkan tulang, danmengobati lemah lambung. kenikir dapat mengusir serangga sehingga dengan menanam kenikir diantara tumbuhan lain maka tumbuhan itu akan terlindungi oleh serangga.

Ternyata selain daun kenikir dimanfaatkan sebagai sayur masakan. tapi juga bisa, diolah menjadi obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengandaun kenikirini dengan berbagai cara.

Mulai dari merebus dan mengambil air sarinya, dengan cara menumbuk lalu mengoleskan pada luka luar. Atau membuatnya menjadi masakan. Meskipun di merebus, tetap tidak akan menghilangkan manfaat dan juga khasiatnya.

Tamanan ini dikenal sebagai tanaman obat yang bisa mencegah kanker payudara. Kandungan didalam daun kenikir seperti flavonoid, aresiminin serta saponin memang berfungsi sebagai pemutus mata rantai sel kanker. Jadi dengan mengkonsumsi ekstrak dari daun ini, maka akan mencegah tumbuhnya sel kanker didalam tubuh. Mulai kanker payudara hingga kanker lainnya. (elkausarnour khalifa)/zha

Referensi
www.khasiat.co .id/daun/daun –kenikir