Automatic Mikro Irigasi Mudahkan Para Petani

Share:
FOTO : wasatha.com / Emy

Aplikasi Automatic Mikro Irigasi ditawarkan menjadi solusi siram cepat tanaman bagi para petani.

Aplikasi yang dirancang mengatur debit air untuk tanaman cabe itu, ikut dipamerkan pada event Pekan Nasional (PENAS) di Area Gelar Teknologi, Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui PENAS Petani dan Nelayan XV 2017 kita mantapkan kelembagaan tani nelayan dan petani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan Indonesia”, berlangsung sejak tanggal 06-11 Mei 2017.

Trinandar Wihendar, pembuat aplikasi tersebut yang ditemui wasatha.com, Senin (01/05/2017) mengatakan, dalam penggunaan teknologi mikro irigasi ini ada dua jenis yaitu stremlin dan Spraijet yang akan diaplikasikan pada tanaman cabe di area Pekan Nasional (PENAS) ke XV.

“Mikro irigasi yang sedang kami buat ada dua yang akan digunakan nantinya. Stremlin dan Spraijet yang akan diaplikasikan disini, jadi para petani bisa dengan mudah untuk menyiram tanamannya” Kata Trinandar.

Ia juga menambahkan, dengan adanya mikro irigasi petani dapat mengadopsi instrumentasinya dan sangat mudah untuk digunakan untuk tanaman-tanaman yang bernilai ekonomi tinggi.

“Sekarang tinggal kemauan dari pada petani untuk menggunakannya, karena petani harus memahami tiga unsur yaitu tanahnya jelas, suplay air yang mendukung, dan terakhir itu sumber daya manusianya.” [Teuku Emy]