6 Amalan Ringan Mengantarkan ke Surga

Share:
Foto: wisatahati.info

JALAN menuju ke Surga  memang dipenuhi segala rintangan dan Duri, Namun, hal itu mudah dilakukan jika Niat Ikhlas Karena Allah dibarengi dengan konsisten dalam melakukanya. Allah Subhanahu Wata'ala juga akan membalas dengan kebaikan yang sangat besar setiap amal dan ibadah yang kita lakukan Sebagai bentuk Ganjaran dan  kasih sayang Allah kepada Setiap hamba-Nya.

Berikut ini beberapa amalan yang  ringan untuk diamalkan, Namun In Syaa Allah bisa mengantarkan siapapun yang melakukannya menuju ke surga.

Pertama, Menuntut Ilmu Syar'i

Dari Sahabat Abu Hurairah RadhiyAllahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wassallam bersabda: “Barangsiapa menempuh suatu jalan, untuk mencari ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga”. (HR. Muslim )

Kedua,  Membaca Ayat Kursi Selesai Shalat Fardhu

Rasullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam Bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasa’i, dinilai Shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Ketiga, Menyingkirkan Gangguan di Jalan

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam bersabda, “Sungguh aku telah melihat seorang laki-laki, mondar mandir di dalam surga hanya karena dia menyingkirkan gangguan, sebatang pohon di tengah jalan.”(HR. Muslim)

Keempat, Menebarkan Salam

Dari sahabat yang mulia Abu Hurairah ra. Nabi bersabda:” Wahai manusia sebarkanlah salam, berilah makan orang lain, hubungkanlah sanak keluarga, dan dirikanlah shalat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya engkau akan masuk surga dengan damai.” (HR. Tirmidzi, Dinilai Hasan-Shahih oleh beliau)

Kelima, Menjenguk orang sakit

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam bersabda, ”Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan sebanyak 70.000 malaikat bershalawat atasnya memintakan ampun untuknya, hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya memintakan ampunan untuknya hingga ia berada di pagi hari, dan dia akan memperoleh buah-buahan yang akan dipetik di dalam surga kelak.”(HR. At-tirmidzi).

Keenam, Bertakwa kepada Allah dan Berakhlak baik

Rasulullah  ditanyakan mengenai perkara yang banyak dapat memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, "Taqwa kepada Allah dan berakhlak baik." Beliau ditanya juga mengenai perkara yang banyak memasukkam orang dalam neraka, jawab beliau, "Perkara karena mulut dan kemaluan." (HR. Tirmidzi, Sanad Shahih dinilai oleh Al-Hafidz Abu Thohir).

Itulah beberapa amalan yang ringan untuk diamalkan namun In Syaa Allah dapat mengantarkan ke surga.[Eka Yuliyastika]/Rzk