Taylt, Karya Inovasi Mahasiswa UIN Syarif Hidatullah Jakarta

Share:
 Foto : wasatha.com/Inda

MEMERIAHLKAN event Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset PIONIR ke-VIII. perlombaan karya inovasi mahasiswa yang diikuti berbagai Perguruan Tinggi Negeri Islam se-indonesia. Jumat (28/04/17)

Acara yang diselenggarakan di aula Lt. II Fakutas Sains dan Teknologi. Berbagai macam karya inovasi mahasiswa di tampilkan mulai dari produk yang sudah jadi maupun produk yang masih dalam tahap implementasinya. 

Salah satunya  karya inovasi mahasiswa UIN Syarif Hidatullah Jakarta. Roni Irawan sebagai perwakilan, memperkenakan aplikasi teknologi smartphon terbaru berbasis educations.

Karya inovasi bernama TAYLT, berasal dari singkatan tell me about your lesson today. yang artinya apalikasi tersebut bisa menjadi teman bagi si penguna. Aplikasi ini  memberikan informasi terkait pelajaran setiap harinya. 

“Dimana segala informasi yang mau dibagikan akan disaring oleh sistem mengunakan metode artikel intelejensi kecerdasan buatan yang digunakan oleh teknologi agar bisa menuruti apa yang diinginkan manusia tersebut sebagai penguna” jelas Roni saat ditemui oleh reporter wasatha.com

Dengan alur sistem yang sederhana, pengguna dapat mengakses  aplikasi dari smartphon, kemudian dari smartphon akan ada artikel intelejensi dan knowledge, kemudian proses tersebut dicampur adukan, sehingga menghasilkan ouput knowledge yang akan memberikan jawaban berbagai informasi terkait pendidikan.

Ia juga menambahkan aplikasi ini menyediakan semacam quis education yang tidak hanya  memberikan  informasi tapi sekaligus memberi hiburan kepada penguna

“Aplikasi ini juga menyediakan semacam quis education yang tidak hanya  memberikan  informasi namun juga memberi tantangan sekaligus hiburan kepada penguna. Adapun harapan mereka, pengembangan aplikasi ini Tidak hanya  berhenti dalam perlombaan saja baik dari pihak kampus maupun tim.  Tetapi bisa lebih jauh mengembangkan aplikasi ini menjadikan partnership dibidang pendidikan,” pungkasnya.


Aplikasi Taylt ini dirancang mengunakan metode chattingan, dan kelebihannya mengunakan sistem dua arah, Artinya pengguna bisa memberikan feedback jika sistem tersebut belum  memiliki informasi yang dimaksud, dan bisa menerima masukan dari penguna yang nantinya akan menjadi arsip. [Inda Silviana]/Dhi