Dua Makam Pahlawan Aceh Berbeda Generasi

Foto Google

BEBICARA tentang pahlawan, Aceh memang terkenal dengan keberanian dan ketangkasan para pahlawan dalam menghadapi musuhnya. Seperti, Teuku Umar, Tgk.Chik Ditiro, Cut Nyak Dien, Cut Mutia, Malahayati, juga pahlawan Tanah Rencong lainnya.

Salah satunya ialah Tgk Chik ditiro yang merupakan seorang pahlawan nasional yang memiliki jasa saat mengusir Belanda dari bumi Tanah Rencong ini akan selalu dikenang.

Makam Tgk Chik Ditiro terletak di desa Mureu, Indrapuri, Aceh Besar sekitar 20 kilometer dari kota Banda Aceh. Di komplek makam tersebut terdapat dua makam pahlawan Aceh.

Disamping makam Tgk Chik Ditiro terdapat makam Muhammad hasan ditiro yang merupakan cucu dari Tgk Chik ditiro. Muhammad Hasan Ditiro sendiri merupakan pendiri gerakan Aceh merdeka (GAM) yang melawan ketidakadilan NKRI terhadap Aceh, Yang berakhir pada tahun 2005. Berkat jasa merekalah Aceh dapat merasakan kedamaian dan keadilan. 

Kini Dua pahlawan yang berbeda generasi itu telah tiada dan dimakamkan berdampingan dikomplek makam Tgk Chik ditiro. Di komplek makam tersebut juga terdapat beberapa makam kuno lainnya. 

Menurut Anif, pengurus kompleks makam Tgk Chik Ditiro mengatakan, bahwa Tgk Chik Ditiro meninggal pada tahun 1891 di Aneuk Galoeng dan dibawa ke Indrapuri untuk dimakamkan. Sedangkan Muhammad Hasan Tiro sendiri meninggal pada tahun 2010 dan beliau sendiri meminta agar dimakamkan disamping buyutnya yaitu Tgk Chik Ditiro. 


Di makam ini sering diadakan zikir dan untuk mengingat jasa mereka disini juga sering diadakan acara besar seperti  milad (Gerakan Aceh Merdeka) GAM yang selalu diadakan di sini tiap tahun. [Abdul Jabar]/Tek
Dua Makam Pahlawan Aceh Berbeda Generasi Dua Makam Pahlawan Aceh Berbeda Generasi Reviewed by WASATHA on Mei 17, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.