Iklan

Iklan

Berhenti Berharap

10/08/21, 10:09 WIB Last Updated 2021-10-08T03:09:04Z


 

Oleh Tian Erika Restiana | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor


jadi Ingatlah cara terbaik untuk menghindari rasa kecewa adalah dengan tidak terlalu berharap apapun dari siapapun kecuali hanya kepada Allah SWT semata



Berharap adalah kondisi dimana kita menginginkan atau mendambakan sesuatu untuk terjadi. Seringkali manusia lengah atau lupa terhadap kehidupan ini sehingga kita memberikan suatu harapan yang terlalu tinggi kepada manusia.


Perlu kita ketahui bahwa menyimpan harapan atau berharap kepada sesama manusia itu tidak dianjurkan, karena dengan berharap kepada orang lain berarti kita sedang mempersiapkan diri kita untuk kecewa.


Menyimpan harapan kepada sesama itu biasanya dilakukan ketika kita telah mempercayai orang tersebut untuk kita harapkan sesuatu, namun di dunia ini tidak semua orang dapat dipercaya, tentu saja sering kita rasakan kekecewaan datang ketika kita terlalu berharap terhadap sesuatu kepada orang lain.


Maka dari itu untuk menghindari rasa kekecewaan kita terhadap sesuatu, marilah kita berhenti berharap dan menaruh harapan yang terlalu tinggi kepada sesama manusia, karena sebaik-baiknya berharap itu hanyalah kepada Allah SWT, Sebagaiman firman Allah dalam QS Al-Insyirah ayat 8:

وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَب

Artinya : Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.


Makna yang dapat kita ambil dari ayat tersebut yaitu  jadikanlah niat kita dan harapan kita hanya tertuju kepada Allah SWT semata. dan janganlah kita menggantungkan harapan kita kepada sesama manusia.


Pada hakekatnya segala sesuatu di dunia ini merupakan bentuk dari kekuasan Allah SWT,  jadi Ingatlah cara terbaik untuk menghindari rasa kecewa adalah dengan tidak terlalu berharap apapun dari siapapun kecuali hanya kepada Allah SWT semata.[]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berhenti Berharap

Terkini

Topik Populer

Iklan