Iklan

Iklan

Prof Asyraf Jelaskan Perkembangan Mualaf di Malaysia

Mabrur Muhammad
3/24/21, 19:50 WIB Last Updated 2021-03-24T12:50:54Z
Prof Asyraf Hj Ab Rahman PhD, Dekan Pusat Pendidikan Dasar dan Berkelanjutan, Universiti Malaysia Terengganu (UMT)

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Dekan Pusat Pendidikan Dasar dan Berkelanjutan, Universiti Malaysia Terengganu (UMT) Prof Asyraf Hj Ab Rahman PhD, mengatakan jumlah mualaf di Malaysia menunjukkan peningkatan dari masa ke masa. 


Semenjak tahun 2000 hingga 2012 ada sebanyak 106.747 orang mualaf yang tercatat oleh Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM). 


"Namun sebenarnya, bilangan Mualaf atau Saudara Baru di Malaysia lebih besar daripada data yang diperoleh resmi JAKIM," katanya.


Hal tersebut dijelaskannya dalam Webinar Internasional yang digelar oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan tema "Strategi Dakwah Pendampingan Saudara Baru" pada Rabu (24/3) melalui ruang diskusi virtual.


Prof Asyraf juga menjelaskan mengenai berbagai macam pendekatan yang dilakukan pemerintah dalam mendampingi para mualaf. 


Menurutnya, hal ini telah memberikan secercah keberhasilan, tak terkecuali bantuan dari LSM dan orang-orang muslim kepada saudara baru.


Pendekatan baru juga perlu dilakukan seperti membantu saudara baru dengan mendanai studi ke lembaga keagamaan atau ma'had tahfiz yang sesuai. 


Prof Asyraf memaparkan bahwa pendekatan yang difokuskan pada calon anak dari setiap mualaf dapat diterapkan melalui lembaga keagamaan atau individu Muslim yang berkemampuan. 


"Melalui metode ini, para saudara baru akan memperoleh ilmu agama secara lebih komprehensif sehingga setelah lulus nanti akan membantu meningkatkan pemahaman Islam kepada anggota keluarga dekat dan anggota masyarakat lainnya," terang Prof Asyraf.


Adapun Seminar Internasional ini diikuti oleh ratusan peserta melalui daring. Acara tersebut juga diisi oleh pemateri dari masing-masing prodi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

 

Diantaranya dari Prodi KPI diisi oleh Ridwan M Hasan Lc., M.Th. PhD, Prodi MD diisi oleh Dr Juhari Hasan M.Si, prodi PMI diisi oleh Dr Lembong Misbah M.Ag, Prodi BKI Dr Zalikha, M.Ag dan Prodi Kesos oleh T. Zulyadi, Ph.D.


Sementara pemateri yang berasal dari Malaysia diisi oleh Prof Asyraf Haji Abd Rahman dari UMT dan Prof Razaleigh Muhamat (Pusat Kajian Dakwah dan Kepimpinan Fakulti Pengajian Islam – UKM Malaysia). 


Sedangkan pemateri dari Thailand diisi oleh Prof Noordin Abdullah Dahorha (Universitas Fatoni) dan dari UIN Ar-Raniry diisi oleh Prof Yusny Saby PhD (Guru Besar UIN Ar-Raniry) dan Dr Fakhri MA (Dekan FDK UIN Ar-Raniry).[]


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Prof Asyraf Jelaskan Perkembangan Mualaf di Malaysia

Terkini

Topik Populer

Iklan