Iklan

Iklan

Guru di Lhokseumawe Dibekali Teknis Pengelolaan Perpustakaan

Mabrur Muhammad
3/24/21, 22:19 WIB Last Updated 2021-03-24T15:19:00Z

 

WASATHA.COM, LHOKSEUMAWE – Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe bersama Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Aceh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.


Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 22-25 Maret 2021 di Aula Wisma Kuta Karang Baru, Kota Lhokseumawe yang dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kota Lhokseumawe, Drs H Boihakki MSos dan turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lhokseumawe, Maimun SSos, Kepala UPTD Pendidikan Aceh, Anwar MPd dan Ketua PD IPI Aceh, Nazaruddin Musa, M.LIS.


Dalam sambutannya, Kakankemang Kota Lhokseumawe, Boihakki menyambut baik adanya diklat pengelolaan perpustakaan sekolah ini mengingat banyak sekolah atau madrasah yang telah memiliki perpustakaan namun belum dikelola dengan baik.


“Saya berharap semoga setelah pelatihan ini peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar,” kata Boihakki saat membuka acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Senin (22/3/2021) di Aula Wisma Kuta Karang Baru, Kota Lhokseumawe.


Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan, M.LIS yang diwakili oleh Nazaruddin Musa, M.LIS selaku Ketua PD IPI Aceh dalam sambutannya mengatakan bahwa diklat pengelolaan perpustakaan ini adalah bagian daripada realisasi kerjasama antara Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe melalui Komite MTsS Muhammadiyah Lhokseumawe dan Aceh Library Consultant (ALC) dengan Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Pengurus Daerah IPI Aceh.


“Dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan sekolah sehingga dapat memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan perpustakaan dan kompetensi pengelola perpustakaan," kata Nazaruddin yang juga Ketua PD IPI Aceh, Senin (22/3).


Sebelumnya, Ketua Pelaksana, Afriani, SAg menjelaskan bahwa selama 4 hari peserta akan dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi), dan penerapan teknologi informasi di perpustakaan.


“Sebanyak 65 peserta yang berasal dari pengelola dan guru pustakawan dilatih dengan berbagai keterampilan teknis tentang pengelolaan perpustakaan, dan nantinya di hari terakhir mereka akan dibekali dengan pelatihan sistem otomasi perpustakaan dengan menggunakan aplikasi SchILS (School Integrated Library System) oleh para dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang bergabung di Pengurus IPI dan ALC," kata Afriani dalam laporannya.


Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut menghadirkan narasumber dan instruktur masing-masing, Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Lhokseumawe, Maimun SSos, Nurhayati Ali Hasan MLIS, Drs Saifuddin A Rasyid MLIS, Abdul Manar MHum,Nazaruddin MLIS, Rahmad Syah Putra MPd, Arkin SIP dari dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Aceh dan sejumlah instruktur dari Aceh Library Consultant (ALC). []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Guru di Lhokseumawe Dibekali Teknis Pengelolaan Perpustakaan

Terkini

Topik Populer

Iklan