Iklan

Iklan

Trendi Kaos Tie Dye Gapakai Mahal, Begini Caranya

11/25/20, 19:17 WIB Last Updated 2020-11-25T12:17:20Z

 

Foto: Pinterest

Wasatha.com- Kini, style kaos Tie Dye yang penuh warna dengan pola unik akhir-akhir ini sedang digemari di kalangan anak muda, khususnya para penikmat hal-hal yang berpenampilan aesthetic.

 

Tie dye adalah teknik menggunakan metode pewarnaan bahan kain dengan cara membuat ikatan pada bagian tertentu lalu direndam dalam cairan khusus hingga menciptakan motif menawan.

 

Jika di Indonesia, teknik ini dikenal dengan istilah teknik ikat celup yang kerap dipakai untuk membuat batik oleh pengrajin di beberapa daerah di Indonesia.

 

Kombinasi warna serta variasi motif beragam yang dapat dikreasikan sesuai keinginan membuat style ini mempunyai nilai jual.

 

Ragam kreasi tersebut bisa dibuat sesuai tema favorit milenial seperti unicorn yang didominasi warna-warni pastel, bahkan hanya dua warna saja seprti hitam dan cream.

 

Keunikan lain yang dimiliki oleh style tie die jika dijadikan fashion, kamu akan memiliki kaos dengan motif pribadi yang tidak ada duanya dengan orang lain.

 

Sayangnya, harga yang dibanrol untuk satu syle ini bisa dibilang menguras kantong milenial, namun ketimbang pusing, lebih baik membuat sendiri dengan mengiuti paduan dibawah ini.

 

Dilansir dari rumah 123.com, alat dan bahan membuat Tie Dye Shirt yang harus disiapkan diantaranya:

 

Siapkan Kaos putih polos atau hitam polos yang terbuat dari bahan katun 100% atau kombinasi 50% kain katun dan 50% kain polyester.

 

 Pewarna pakaian dalam bentuk bubuk yang bisa dibeli di toko tekstil atau toko alat kerajinan.

 

Untuk menghemat pengeluaran, kamu cukup membeli tiga warna dasar merah, kuning, dan biru yang bisa dikombinasikan untuk membuat warna lain seperti oranye, ungu, dan hijau jika diinginkan.

 

Siapkan  Karet gelang atau tali untuk mengikat kaos dalam tahapan pewarnaan, 4 liter air hangat. 250 ml soda abu.

 

Kemudian  kantong plastik atau zip lock untuk membungkus kaos, 1 pasang sarung tangan lateks.

 

Karton atau kardus untuk mencegah permukaan lantai atau meja kotor, botol saos dengan moncong lancip untuk tempat pewarna.

 

Cara Membuat

 

Ambil alas dan kaos yang akan dibuat menjad Tie Dye Shirt lalu bentangkan kaos di atas permukaan yang rata dan bersih, bisa meja atau lantai.

 

Jangan lupa untuk menggunakan kardus atau karton sebagai lapisan pelindung. Kemudian cubit dan putar kaos secara perlahan untuk membentuk spiral. Sambil memutar kaos, tekan bagian pinggiran supaya tetap rata.

 

Lalu  ikat kaos dengan karet gelang atau tali untuk memisahkan kaos yang sudah berbentuk spiral tadi menjadi 8-10 bagian.

 

Selanjutnya, Warnai kaos dengan pewarna yang sudah dilarutkan bubuk pewarna dengan air hangat lalu masukkan ke dalam botol saos.

 

Berikan warna pada setiap bagian kaos yang sudah dibagi tadi.

Diamkan kaos yang sudah diwarnai selama 24 jam, masukkan kaos Tie Dye tadi ke dalam kantong plastik atau zip lock dan biarkan hingga 24 jam supaya warnanya meresap sempurna.

 

Setelah 24 jam, keluarkan kaos dari kantong lalu lepaskan karet gelang dan bilas dengan air untuk menghilangkan sisa pewarna yang masih menempel.

 

Terakhir, jemur kaos Tie Dye hingga kering dan kaos tie dye pun siap dipakai. Mudah bukan, tunggu apa lagi. Bongkar lemari lalu cari kaos lama untuk ber-eksperimen. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Trendi Kaos Tie Dye Gapakai Mahal, Begini Caranya

Terkini

Topik Populer

Iklan