INH

Iklan

Iklan

Tiga Pahlawan Indonesia jadi Nama Jalan di Luar Negeri

11/11/20, 14:52 WIB Last Updated 2020-11-11T07:52:27Z



WASATHA.COM - Tahukah kamu? Di antara nama pahlawan nasional kita, ada yang diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri.


Siapa saja dan bagaimana cerita di baliknya? Yuk simak Fakta Seru Pahlawan berikut :


Jalan M Hatta | Nama Bung Hatta diabadikan di salah satu jalan di kota Harleem, Belanda, karena pada waktu itu beliau sempat mengenyam pendidikan di sana. 


Dari sanalah bapak proklamator ini ikut menggalang kekuatan untuk memerdekakan bangsa kita dengan bantuan para pelajar Indonesia di sana.


Pemerintah Belanda memilih nama beliau untuk diabadikan sebagai nama jalan karena kontribusinya dalam berjuang memerdekakan Indonesia.


Jalan Soekarno | Soekarno dipilih sebagai tokoh yang namanya sekarang diabadikan di salah satu jalan di Ibu Kota Maroko, tepatnya di Kota Rabat.


Tidak sulit menemukan Jalan Soekarno atau Rue Soukarno di kota Rabat, ibu kota Maroko. Letaknya pas di samping kantor pos terbesar di Maroko yang berada di pusat kota Rabat, Maroko


Nama Soekarno ditabalkan di Maroko dikarenakan besarnya dalam menggalang kekuatan negara-negara dunia ketika dalam Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Bandung, Jawa Barat. 


Konferensi itu memberikan dampak besar pada kemerdekaan Maroko pada tahun 1956 dari kolonial Perancis.


Jalan RA Kartini | Nama Kartini diabadikan menjadi sebuah nama jalan di Utrecht, Belanda. Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat itu, tidak terlepas dari usaha beliau yang sering mengirim surat-surat dan tulisannya pada surat kabar di Belanda sebagai salah satu bentuk pembelaan atas hak perempuan.


Tiga pahlawan di atas diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri karena kegigihan mereka dalam berjuang.


Semoga kita dapat mencontoh sikap baik dari pahlawan-pahlawan tersebut.[Siti Fatimah]


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tiga Pahlawan Indonesia jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Terkini

Topik Populer

Iklan